Ini Alasan Pengendara Tidak Kenakan Helm Saat Terjaring Razia

JUMLAH pengendara yang terjaring razia dalam Operasi Zebra 2014 se Kalimantan Tengah sudah pasti mencapai ribuan. Apalagi Polisi juga gencar melaksanakan razia di sejumlah tempat yang tidak bisa ditentukan hingga pada 9 Desember mendatang.

Ini juga dibuktikan dengan hasil razia selama tiga sejak dimulainya gelar tersebut, Rabu (26/11) dengan total 918 pengendara ditilang. Dari jumlah tersebut, paling mendominasi adalah pengendara yang tidak mengenakan helm. Yakni berjumlah 518 pengendara. Sisanya mereka yang bermasalah dengan kendaraan yang tidak pada peruntukannya dan surat menyurat.

Lantas apa alasan pengendara tidak mengenakan helm? Menurut Mardiah, mahasiswi STAIN yang kini menjadi IAIN, tidak mengenakan helm lantaran jarak antara rumah dan kampus dekat begitu jauh.

“Karena dekat saja. Jadi tidak pake helm,” kata Mardiah didampingi rekannya Tini, ketika terjaring razia oleh jajaran Polres Palangka Raya di Jalan Yosudarso ujung, Palangka Raya, Selasa (2/12) siang.

Mardiah sebenarnya juga mengetahui jika helm sangat penting bagi setiap pengendara. “Iya dampaknya kalau terjadi kecelakaan akan berakibat fatal. Iya helm untuk pelindung kepala,” imbuhnya.

Sementara itu, Kaur Bin Ops Polres Palangka Raya Ipda Kusriyadi mengatakan, helm bukan untuk kepentingan Polisi bukan pula sebagai hiasan melainkan penting untuk keselamatan.

“Dalam operasi ini kita menagetkan dua sasaran. Yakni terkait penggunaan helm dan ranmor yang tidak sesuai dengan peruntukannya,” kata Kusriyadi.

Menurutnya, razia tersebut tidak hanya difokuskan pada sistem stasioner tetapi juga hunting sistem. “Kalau stasioner, maka yang didapat cuma pelanggaran surat menyurat. Terus pelanggar tidak ketangkap. Oleh karenanya razia ini juga mengutamankan hunting sistem. Sehingga yang tidak mengenakan helm akan dapat,” tuturnya.

Dalam razia tersebut, puluhan pengendara terjaring. Jenisnya berfariasi. Ada yang terjaring lantaran melawan arah, helm dan ada pula tidak lengkap mengenai surat menyurat.






Comments are Closed