Simpan Filemu Secara Online di Google Drive

Simpan Filemu Secara Online di Google Drive
Tutorial dan Review Mengenai Google Drive

Halo teman… Oke kali ini Saya akan membuat sebuah review sekligus tutorial mengenai Google Drive. Google Drive adalah salah satu dari sekian banyak produk dari Google yang sangat bermanfaat. Google Drive ini bermanfaat karena fiturnya yang utama ialah untuk menyimpan filemu yang tentunya secara sangat amat teramat aman banget.

Sekilas Tentang Google Drive

Seperti yang Saya katakan tadi, Google Drive ini adalah salah satu dari sekian banyak produk-produk terkenal Google, seperti YouTube, Blogger, Google Maps, dan lain sebagainya. Kapan sih Google Drive lahir? Google Drive ini rilis secara perdana pada tanggal 24 April 2012. Sebelumnya, Google Drive ini bukanlah Google Drive namanya, melainkan Google Docs, dan asalnya juga alamatnya bukan drive.google.com melainkan docs.google.com.
Google Drive ini memberikan Kita tempat penyimpanan secara gratis sebesar 15GB (Lumayan banyak buat Kita para newbie). Namun jika dirasa 15GB itu kurang, Kamu dapat menambahkannya tapi dengan syarat Kamu harus bayar yah, muehehe. Ada fitur unik di Google Drive ini, yaitu fitur sinkronisasi data melalui folder khusus, nama lainnya sih Desktop Sync Clients yang sekilas sama dengan Dropbox.

Cara Menyimpan File Google Drive

Akses dulu alamat berikut : drive.google.com
1. Pada tampilan awal, lihat bagian sidebar kanan, disitu ada tulisan BARU.

Simpan Filemu Secara Online di Google Drive


2. Setelah Kamu klik tulisan BARU tadi, maka akan muncul menu dropdown, pilihlah file yang akan Kamu upload sesuai kebutuhanmu (Disini Saya ambil Unggah File).
Simpan Filemu Secara Online di Google Drive
3. Setelah itu akan muncul sebuah kotak dialog, nah disitulah Kamu perlu menginput atau memasukkan file yang akan Kamu upload.
4. Nah lalu akan muncul sebuah kotak persegi panjang di bawah kanan pojok. Itu adalah informasi tentang proses upload file milikmu, jadi yang perlu Kamu lakukan hanyalah menunggu sambil duduk dengan manis.
Simpan Filemu Secara Online di Google Drive
5. Lalu akan ada tulisan yang berada dalam kota persegi panjang berwarna kuning. Klik Temukan jika Kamu ingin melihat file yang tadi Kamu unggah atau upload.
Oke sekian artikel review sekaligus tutorial tentang Google Drive ini, semoga tutorial meng-upload file ke Google Drive ini dan juga review mengenai Google Drive ini bermanfaat bagi Saya dan Kamu juga. Sekian Wassalamualaikum Wr Wb.





Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *