Ini yang Harus Kita Lakukan Saat Kita Ditilang

Ini yang Harus Kita Lakukan Saat Kita Ditilang

Ini yang Harus Kita Lakukan Saat Kita Ditilang – Sebetulnya artikel ini isinya saya kutip dari buku paket yang disediakan oleh sekolah Saya, walau ada undang-undangnya sih, tapi gak papa deh yang penting saya tidak mengakui bahwa isi atau inti dari artikel ini bukanlah milik saya atau tidak bersumber dari saya, melainkan dari buku mapel Bahasa Indonesia yang diterbitkan oleh Pusat Kurikulum dan Perbukuan, Balitbang Kemdikbud.

Saya kutip dari buku tersebut karena ada sebuah bagian dimana saya sangat menyukai bagian tersebut. Bagian tersebut merupakan bagian yang berisi mengenai apa saja yang harus kita lakukan saat kita sedang ditilang oleh polisi. Nah saya membaca judul dari bagian yang ada pada buku itu saja saya teringat kenangan saya saat saya kena razia bersama teman saya di sebuah daerah. Maka dari itu muncullah ide artikel ini. Oke langsung saja kita bahas hal yang harus kita lakukan saat ktia ditilang.

Apa yang Harus Kamu Lakukan Kalau Kamu Ditilang?

  1. Nomor pertama, kamu perlu mengenali terlebih dulu si petugas polisi yang menilang kamu. Kemudian kamu cobalah untuk mengenali nama dan juga pangkat dari polisi yang tercantum pada pakaian yang ia kenakan. Oiya, kalau ada orang yang memiliki pakaian yang mirip seperti preman dan mengejar anda dan juga ngaku-ngaku sebagai polisi, maka jangan coba-coba kamu menghentikan kendaraan kamu.
  2. Oke yang kedua, kamu perlu memahami kesalahan yang kamu lakukan. 
  3. Yang ketiga adalah kamu harus memastikan tuduhan pelanggaran yang kamu terima. Pengendara sudah selayaknya mengecek tuduhan pelanggaran polisi tersebut, benar atau tidak. Jika polisi menyatakan kamu dilarang elik ke kiri karena ada tanda dilarang belok kiri, Anda harus yakin bahwa tanda tersebut benar-benar ada.
  4. Tips keempat, kamu jangan sekali-kali menyerahkan kendaraan kamu atau STNK kamu begitu saja. Polisi tak berhak menyita kendaraan bermotor atauSTNK, kecuali kendaraan bermotor itu diduga hasil tindak pidana, pelanggaran itu mengakibatkan kematian, pengemudi tidak dapat menunjukkan STNK, atau pengemudi tak dapat menunjukkan SIM. Jadi, utamakanlah SIM sebagai surat yang ditahan oleh polantas!
  5. Yang kelima adalah menerima atau menolak tuduhan. Setiap pengemudi memiliki dua alternatif terhadap tuduhan pelanggaran yang diajukan polantas, yaitu menerima atau menolak tuduhan tersebut. Apabila menerima tuduhan, kamu harus bersedia membayar denda ke bank. Kamu akan diberi surat tilangberwarna biru. Tanda tanganilah surat bukti pelanggaran berlalu lintas itu. Di baliknya terdapat bukti penyerahan surat atau kendaraan yang dititipkan. Surat atau kendaraan yang ditahan dapat diambil jika kamu dapat menunjukkan bukti pembayaran denda. Jika menolak tuduhan, katakan keberatan kamu dengan sopan. Kamu akan diberi oleh polisi berupa surat bukti pelanggaran berlalu lintas berwarna merah sebagai undangan untuk mengikuti sidang. Penentuan hari sidang memerlukan waktu 5 sampai 12 hari. Barang sitaan baru dapat dikembalikan kepada pelanggar setelah ada keputusan hakim.

Penutub…

Oke sekian artikel untuk hari ini, semoga artikel ini dapat bermanfaat bagi kamu apalagi bagi kamu yang ABG-ABG labil yang suka motor-motoran tanpa menggunakan helm dan perlengkapan berkendara yang lengkap. OKe sekian artikel hari ini, dan terima kasih, Wassalamualaikum Wr Wb.



    « (Previous News)



    Comments are Closed