Situs Pendidikan yang Bikin Kita Pinter

Situs Pendidikan yang Bikin Kita Pinter
Situs Pendidikan yang Bikin Kita Pinter

Situs Pendidikan yang Bikin Kita Pinter – Dunia internet memang sangatlah luas dan penuh dengan manfaat. Jadi bagi kamu yang mengira bahwa internet itu cuman ada pornografi, mending singkirkan pemikiran tersebut, karena di dunia internet kita bisa memanfaatkannya untuk menjadikan otak kita yang awalnya kosong kopong ini menjadi terisi alias menjadi smart.

Nah, di artikel ini saya bakal mengulas sebuah situs yang baru-baru ini sedang di pelajari di sekolah saya. Situs ini sebenarnya bertujuan untuk membuat kelas pendidikan “dunia maya” agar lebih modern dan lebih praktis. Nama situs tersebut adalah Edmodo. Di Edmodo, guru kita nanti akan membuat sebuah group (kelas), setelah itu guru kita tersebut akan memberi kode kelas, selanjutnya kita input kode tersebut sebagai invitation di group atau kelas yang telah di buat oleh si guru. Lalu tentu, kita sudah bisa mengikuti berbagai pelajaran yang disediakan oleh sang guru.

Situs pendidikan ini sebenarnya juga memiliki pesaing, yaitu Quipper. Situs Quipper pernah saya pakai di SMP. Jadi, di artikel ini saya akan membahas mengenai Edmodo dan Quipper.

Edmodo

Banyak yang bilang, Edmodo adalah kloningnya Facebook. Yah bukan kloning sih, tapi memang tampilan dashboard yang dimiliki oleh si Edmodo mirip dengan Facebbok, kita bisa membuat status, update foto profil, dan lain-lain. Namun tujuan utama Edmodo bukanlah pamer foto alay kita ataupun update status galau kita, tapi tujuannya memang benar-benar positif, yaitu membantu pembelajaran sekolah.

Kelebihan Edmodo:

  1. Tampilan Edmodo lebih familiar di kalangan para pelajar yang rata-rata remaja. Karena remaja jaman sekarang tentu sudah bisa menggunakan Facebook, jadi mungkin itulah kenapa Edmodo merancang desainnya agar serupa dengan Facebook, karena dengan maksud agar nanti bisa mudah di gunakan oleh para user.
  2. Kemudahan akses. Ya, Edmodo menawarkan kemudahan saat kita mengaksesnya. Entah itu pada saat mendaftar akun baru, dan lain-lain.
  3. Edmodo sudah terkenal. Ketenaran Edmodo membuat kita mudah untuk berinteraksi dengan user lain.

Kelemahan Edmodo:

  1. Hanya tersedia dalam bahasa Inggris.

Quipper

Selanjutnya adalah Quipper. Quipper ini juga tujuannya sama dengan si Edmodo, yaitu membantu dalam pembelajaran bagi para siswa dan juga para guru. Di Quipper, tampilannya tak seperti Edmodo (tak sama seperti Facebook), namun si Quipper ini mungkin ingin lebih kreatif lagi, karena mereka membuat desain dashboard mereka sendiri, dan hebatnya lagi lebih cantik dan membuat mata kita dimanjakan dengna gambar-gambar imut nan cantik (Seperti anak gajah, dan lain-lain).

Kelebihan Quipper:

  1. Fitur-fitur yang kaya dan juga mudah digunakan.
  2. Tampilan yang sangat cerah dan menawan.
  3. Ada fitur “poin”, damana jika kamu telah menyelesaikan sebuah task atau soal yang diberikan oleh sang guru, maka kamu akan mendapatkan poin, dan poin tersebut bisa kamu jajakan untuk membeli tema.
  4. Sound efek yang sangat menarik.
  5. Sudah support atau sudah tersedia dalam bahasa Indonesia

Kelemahan Quipper:

  1. Kurang terkenal.
  2. Kecanggihan masih tertinggal di bandingkan dengan Edmodo.

Penutub…

Oke sekian artikel yang mungkin bisa bermanfaat ini. Mungkin diantara kamu para pembaca adalah seorang guru, dan mungkin juga kamu ingin mencoba mengubah metode pembelajaran kamu menggunakan salah satu website tadi? Hmm tentunya harus, karena kamu bakal merasakan sensasi kemudahan yang ditawarkan.

Terima kasih sudah membaca, dan sekian. Wassalamualaikum Wr Wb.






One Comment to Situs Pendidikan yang Bikin Kita Pinter

  1. Bisane, backlink-nge aku dihapus coeg???

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *