Serba-Serbi Ngeblog

Serba-Serbi Ngeblog – Oke saya awali, Assalamualaikum Wr Wb. Menjadi seorang blogger merupakan sebuah hobi tersendiri bagi saya pribadi. Jujur, sehari-hari saya ini hanya memiliki beberapa aktivitas saja, yaitu sekolah, kemudian ngeblog. Kegiatan ngeblog sudah saya lakoni sejak sekitar 3 tahun yang lalu. Awalnya kegiatan blogging atau ngeblog hanya sebatas hobi saja, kemudian setelah 1 tahun, saya mau “mengembangkan sayap” untuk bisa menghasilkan sedikit receh dari blog saya tersebut, yaitu dengan mendaftar program PPC Indonesia seperti kliksaya.com, adsensecamp.com, dan lain sebagainya.

Berapa Pendapatannya?

Serba-Serbi Ngeblog

Jika berbicara mengenai pendapatan, tentu masih terbilang sangat kecil. Mengingat yang saya daftar itu PPC Indonesia yang per kliknya hanya sekitar 500 perak saja, atau bahkan 300 perak per kliknya. Sehingga menurut saya, dulu masih belum dikatakan sukses (Begitu pun sekarang).

Jika dibandingkan dengan berbagai master ngeblog lainnya, maka pastinya saya bakal kalah, sebut saja Max Manroe (http://www.maxmanroe.com), atau Mas Sugeng (http://www.sugeng.id), menurut saya mereka berdua adalah blogger yang sudah sukses.

Apakah Perlu Menjadi Blogger Sukses?

Serba-Serbi Ngeblog

Itu semua sih tergantung dari niat kamu dari awal ngeblog. Jika kamu membuat blog dengan tujuan hanya sekedar iseng-iseng, cuman main-main, baru 1 bulan main blog eh tau-tau sudah pensiun, yah tentu itu belum bisa dikatakan sebagai blogger sukses dong.

Namun jika kamu dari hari ke hari hobinya selalu ngeblog, niatan untuk bisa menghasilkan dari blog yang kamu urus, maka bisa dikatakan menjadi blogger sukses on progress. Kalau saya mah belum bisa dikatakan seorang blogger sukses, hehe.

Bagaimana Cara Membuat Blog?

Sebelum melanjutkan untuk membahas tips ngeblog, ada baiknya kita untuk membahas dulu cara membuat blog bukan? Nah disini saya akan memberi tutorial membuat blog dalam bentuk video dan dalam bentuk teks. Disini saya menggunakan platform Blogger. Silahkan disimak.

Tutorial Membuat Blog Dalam Bentuk Video

Tutorial Membuat Blog Dalam Bentuk Teks

  1. Klik Blogger.com (sebelum itu, Anda harus mempunyai akun Gmail dulu)
  2. Setelah itu klik “Blog Baru”
  3. Disitu akan ditampilkan berbagai opsi, mulai dari Judul Blog, URL Blog, dan Template.
  4. Ketik opsi-opsi tersebut sesuai keinginanmu.
  5. Setelah itu klik “Buat Blog!”
Bagaimana? Mudah bukan membuat blog atau website? Nah, bagi kamu yang tak suka dengan platform blogger, kamu bisa menjajal platform blog yang lain, yaitu Wordpres, Wix, MyWapBlog, Tumblr, blog.com, Joomla, Drupal, Movable Type, dan Penzu. Kamu bisa baca tutorial membaut blog menggunakan platform yang tadi saya sebutkan dengan klik tautan berikut ini : Cara Membuat Blog.

Apa Saja yang Dibutuhkan Untuk Ngeblog?

Tak perlu modal yang besar untuk melakukan kegiatan ngeblog. Kita hanya perlu waktu, dan niat saja. Nah berikut ini saya bagi apa saja sih yang dibutuhkan untuk ngeblog?

1. Memiliki Blog

Ya iya, yang pertama untuk melakukan kegiatan ngeblog tentu harus memiliki blog terlebih dulu. Untuk cara membuat blog tadi sudah saya bagikan. Dan mungkin tutorial tadi sudah sangat jelas kan?

2. Memiliki Laptop atau PC

Yup, yang dibutuhkan untuk ngeblog yang kedua adalah dengan memiliki laptop atau juga bisa PC (Komputer). Kedua perangkat tersebut sangat lah penting, karena jika tak ada kedua perangkat tersebut, yang ada kegiatan ngeblog akan terasa sulit walau sekarang ini kegiatan ngeblog sudah bisa kita lakukan di sebuah ponsel.
Namun bagi kamu yang belum memiliki laptop atau PC (Komputer), kamu juga bisa menggunakan warnet sebagai media untuk aktivitas ngeblog kamu, tapi jujur, jika menggunakan warnet, pengeluaran kamu akan semakin tinggi.

3. Koneksi Internet

Yang ketiga tentunya adalah koneksi internet. Koneksi internet ini sangat penting karena aktivitas ngeblog hanya dapat kita lakukan pada saat keadaan online (Mungkin). Nah, saya sudah membuat artikel mengenai provider penyedia internet dengan klik tautan berikut ini : Pakai 2 Internet Provider Murah Ini.
Sedangkan jika kita sudah memiliki koneksi internet pasti kita nanti memiliki “hawa nafsu” sehingga kuota internet kita akan boros karena penggunaan yang tak sewajarnya, maka dari itu saya disini sudah membuat juga artikel mengenai menghemat kuota internet. Silahkan baca artikel berikut ini:
  1. Hal-Hal yang Bikin Kuota Internet Kamu Boros
  2. Tips Menghemat Kuota Internet

Apa Saja yang Harus Di Korbankan Saat Blogging?

Tentunya kita semua tau bahwa semua hal yang kita lakukan ini ada konsekuensinya atau memiliki hal yang harus kita korbankan bukan? Ya tentu saja, termasuk juga saat kita melakukan kegiatan blogging. Kita juga perlu mengorbankan hal untuk bisa melakukan aktivitas ngeblog.
Silahkan di bookmark dulu, karena artikel ini bakal saya bikin panjang ๐Ÿ™‚

Hal-hal yang kita harus korbankan diantaranya adalah :
  1. Waktu
  2. Kuota Internet
  3. Media Sosial (loh…)
Nah, kamu bisa membaca bagian ini di artikel saya yang berkaitan, yaitu berjudul : Hal yang Perlu di Korbankan Saat Blogging.

Sudah Siap Ngeblog Nih, Terus?

Jika kamu sudah siap untuk melakukan aktivitas ngeblog, maka yang harus kamu lakukan adalah membuat konten atau artikel yang berkualitas.

Tentukan Tema atau Niche Blog

Pertama tentu kita harus menentukan tema atau niche blog terlebih dahulu. Di dunia ini ada 2 jenis niche blog, yang pertama adalah niche blog gado-gado. Lalu yang kedua adalah niche blog tertarget.
  1. Niche Blog Gado-Gado. Sesuai dengan namanya yaitu “gado-gado”, yang artinya campur-campur, berarti blog yang menganut niche gado-gado tersebut adalah blog yang membahas berbagai macam topik. Salah satu keuntungan dari blog niche gado-gado adalah memiliki link building yang baik dan bagus
  2. Niche Blog Tertarget. Merupakan jenis niche blog yang hanya mempunyai 1 tema saja, misalnya ada blog bernama “TAMPAN”, lalu di blog tersebut hanya membahas mengenai tips smartphone saja, nah itu bisa dikatakan sebagai niche blog tertarget. Salah satu keuntungan niche blog tertarget adalah artikel cepat terindex oleh Google dan memiliki visitor yang loyal.

Cara Membuat Artikel Berkualitas

Ciri-ciri konten atau artikel berkualitas tersebut diantaranya adalah :
  1. Bahasa Mudah Dipahami
  2. Isi Dari Artikel Tidak Monoton (Tidak hanya berisi teks saja)
  3. Artikel yang Dibuat Sangat Bermanfaat Bagi Orang
  4. Artikel yang Dibuat Human Friendly
  5. Artikel yang Dibuat Memiliki SEO yang power full.
Nah, untuk tau bagaimana cara membuat artikel berkualitas, kamu bisa mengunjungi artikel saya yang lain, berikut judul dan tautannya : Tutorial Simpel Membuat Artikel Berkualitas.

Persiapkan Template Sebagus Mungkin

Hal selanjutnya yang perlu kita persiapkan adalah dengan menyiapkan template yang sebagus mungkin. Nah apa sih ciri-ciri dari template yang bagus?
  1. Mobile Friendly.
  2. Responsive (Baca juga : Desain Responsive Berpengaruh Pada Pengunjung Web, dan Apa sih itu Template Responsive?).
  3. Memiliki “Kandungan” SEO yang bagus.
  4. Enak dipandang.
  5. Fast loading.
  6. Memiliki banyak fitur yang bermanfaat untuk SEO.
Nah berikut ini saya berikan template SEO terbaru, silahkan klik judul artikel berikut ini : 5 Template Blog SEO Terbaru 2015.

Optimasi SEO Blog Kamu

Selanjutnya adalah dengan mengoptimasi SEO dari blog kamu, dengan begitu maka blog kamu akan memiliki visitor atau pengunjung yang banyak dan tertarget.
Berikut ini saya sudah membuat artikel megnenai cara-cara optimasi blog, silahkan klik judul beserta tautan berikut ini : Membuat Blog Menjadi Ranking 1 Google, dan baca juga Pengertian dan Cara Menghindari Google Sandbox.
Jika dirasa referensi diatas masih kurang, kamu bisa membaca artikel saya lainnya, yaitu berbagai situs belajar SEO terbaik.
Jika sudah dirasa optimasi sudah bagus, silahkan cek pagerank kamu, berikut caranya : Cara Mengetahui Page Rank Blog.
Dan terakhir, rajin-rajinlah untuk mencaria tau berburu backlink, karena backlink itu adalah makanan sehari-hari dari blog. Nah silahkan baca tips atau cara mencari backlink dengan klik tautan dan judul artikel berikut ini : Cara membangun backlink berkualitas.

Promosi Blog Kamu

Nah, melakukan promosi blog juga diperlukan guna untuk meningkatkan PV atau visitor kamu. Melakukan promosi blog itu sebenarnya mudah, berikut ini berbagai media untuk promosi blog.
  1. Media sosial (Baca Juga : (Cara Membuat Akun Facebook)
  2. Membuat kaos berdesain blog kamu (Desertai URL blog kamu)
  3. Rajin-rajin blog walking
  4. Jika ada dana, pasang iklan di blog orang lain.
  5. Beritahu teman-teman kamu bahwa kamu memiliki blog.
  6. Promosi di forum-forum (Baca juga : 3 Forum Terkenal di Indonesia)
Dengan melakukan promosi secara besar-besaran, maka kamu akan mendapatkan page views (Baca Juga : Cara Sederhana Agar Page Views Blog Tinggi). Lalu silahkan juga baca Manfaatkan Situs Ini Untuk Mendapatkan Traffic Tambahan.

Mendapatkan Penghasilan Dari Blog

Serba-Serbi Ngeblog
Nah mungkin yang satu ini adalah bagian yang kamu tunggu-tunggu, dimana blog kamu yang sudah kamu bangun dan sudah kamu urus akan mendapatkan penghasilan yang lumayan. Oke langsung saja, untuk mendapatkan penghasilan dari blog, kita bisa melakukan berbagai cara (yang halal tentunya), yaitu :
  1. Program Afilasi.
  2. Program PPC (Baca tipsnya, PPC Rekomendasi Untuk para Blogger)
  3. Mengikuti program shortlink berbayar (Baca tipsnya, Berbagai Shortlink Berbayar Rekomendasi)
  4. Mengikuti lomba kontes SEO atau lomba blog kontes.
Nah, untuk referensi, saya sudah membuat 2 artikel yang bagus untuk kamu yang lagi nyari-nyari cara untuk dapatkan uang dari blog. Silahkan baca kedua artikel berikut ini :

Sudah Sukses? Jangan Lupa Sedekah dan jangan Sombong

Bagaimana? Blog kamu sudah memiliki pengunjung yang tinggi? Dan sudah mendapatkan earning atau penghasilan yang berjuta-jutaan? Ya, hal terakhir yang perlu kamu lakukan adalah kamu harus menyisihkan rejeki kamu tersebut untuk para orang yang membutuhkan. Dan jangan lupa untuk tidak menyombongkan diri kamu, berbagilah ilmu-ilmu yang telah kamu dapat selama ngeblog. Dan jika kamu membutuhkan inspirasi, berikut ini ada artikel berjudul Para Blogger yang Bisa Kita Jadikan Insprasi, silahkan baca-baca ya ๐Ÿ™‚
Baiklah, terima kasih telah membaca artikel yang panjang ini, semoga dapat membantu, saya akhiri, Wassalamualaikum Wr Wb.





6 Comments to Serba-Serbi Ngeblog

  1. Saepul Bahri says:

    Beuuh joosss bget artikelnya gan
    Jelas padat bgeet
    Yg ane blum tinggal full optimasi gan baik itu on page maupun off page shngga traffik bsa stabil dan. Pengunjung bejibun

  2. Tapi sekarang rata2 blogger awalan fokusnya suka pasang iklan kagak jelas untuk mendapatkan dollar bagaimanapun caranya ๐Ÿ™

  3. Jelas & Lengkap, Thanks gan ๐Ÿ™‚

  4. Cinto Hati says:

    Jiaa…ini blog yg ngerjain nya dari jam 12 sampai….ok deh blog nya cakep.

  5. Sekarang blogger kebanyakan lebih mengutamakan SEO daripada konten. Padahal inti dari blog sendiri adalah kontent>SEO>tampilan.

  6. Yup betul sekali gan. Kalau artikelnya human friendly, yang ada ntar SEO friendlynya ngikut

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *