Mengapa Ada Kebakaran Hutan atau Kabut Asap di Sumatra?

Mengapa Ada Kebakaran Hutan atau Kabut Asap di Sumatra?
Penyebab dan Cara Mengatasi Kabut Asap atau Kebakaran Hutan



Mengapa Ada Kebakaran Hutan atau Kabut Asap di Sumatra? – Sekarang Sumatra sedang dalam kesulitan, mengapa? Karena di daerah tersebut ada kebakaran hutan gambut. Memang ada banyak sekali oknum-oknum yang “bejad” yang hanya mementingkan diri sendiri, namun eh malah para masyarakat yang kena getahnya.

Perlu diketahui bahwa kabut asap itu sering sekali terjadi dari tahu ke tahun, bahkan negara tetangga kita, macam Malaysia, Singapura selalu terkena kabut asap yang di sebabkan oleh kebakaran hutan yang terjadi di Sumatra.

Nah di artikel kali ini kita akan membahas mengenai apa penyebab yang sedang terjadi di Sumatra sana. Apa itu? Yuk capcus mari kita bahas.

1. Karena Banyaknya Lahan Gambut

Ada 10 persen daerah di Indonesia merupakan lahan gambut. Lahan gambut itu sendiri sering sekali kita jumpai di daerah Sumatra, Kalimantan, dan juga ada di Papua. Sementara itu, apa itu lahan gambut? Lahan gambut adalah sebuah daerah basah yang memiliki banyak karbon yang terhasil dari berbagai sisa-sisa tumbuhan yang telah mati dan membusuk.
So pasti, lahan gambut yang sudah kering akan sangat mudah untuk di bakar, mengapa? Ya tentu karena kandungan karbon yang ada pada lahan gambut tersebut sangat lah tinggi.

2. Berbagai Oknum yang Jahat

Penyebab kebakaran hutan atau kabut asap yang kedua karena adanya berbagai oknum-oknum licik yang mementingkan diri sendiri. Mereka para oknum nakal sengaja membakar hutan guna untuk menanam hasil pertanian yang baru, seperti kelapa sawit.
Bagaimana caranya para oknum nakal membakar hutan? Wah kalau itu sih cukup mudah, mereka para oknum nakal tinggal menyewa para penduduk untuk membakar lahan gambut yang sudah kering tersebut, yah modal yang dikeluarkan oleh oknum nakal hanya sekitar 500 ribu saja.
Para oknum tersebut memang cerdik (namun licik), mereka mungkin tak mau rugi, karena biasanya mereka mengeluarkan 5 sampai 7 juta rupiah untuk menyewa alat besar untuk menggusur lahan gambut (itu pun masih per hektarnya).

Apa yang Harus Kita Lakukan?

Oke sekarang kita akan mencoba melawan “kabut asap”, caranya? Pertama, cobalah kemukakan solusi yang berjangka panjang atau berjangka permanen, bukan jangka pendek.
Cara yang mudah sih kamu tinggal memanfaatkan media sosial, contohnya Twitter, dengan menulis hastag #melawanasap ditambah caption yang menjanjikan, maka tentu saja banyak masyarakat yang mendukung secara nyata, serta para pemerintah (khususnya Presiden) melihat kumpulan hastag tersebut.
Gunakan sistem izin pembukaan lahan, yang ini adalah hal yang penting agar lahan-lahan tidak di celomot oleh para oknum atau para pemilik industri nakal yang semena-mena mengambil lahan.
Menghukum para oknum licik, yang ini masih ada kaitannya dengan yang pertama tadi, bahwa kita harus bertindak secara tegas khususnya para pemerintah untuk menghukum para pebisnis nakal yang hanya mementingkan uang saja.
Membuat data kehutanan agar para masyarakat dapat mengaksesnya dengan mudah (Data akses publik), dengan membuat data kehutanan tersebut, maka hutan kita akan sangat mudah sekali untuk kita lindungi secara bersama.

Curhatan Dari Chanee Tentang Kabut Asap

Chanee merupakan seorang bule yang berasal dari Eropa tepatnya Prancis. Dia sudah tinggal di Indonesia kira-kira 17 tahunan. Ingin tau kemarahannya tentang kabut asap ini? Mari kiat tonton video yang Chanee buat.

Penutub

Sekian artikel ini saya sampaikan. Semoga para pemerintah segera menangani hal ini, karena musibah yang terjadi di Sumatra ini tidak bisa dianggap remeh.

Referensi : https://www.youtube.com/watch?v=Fc4pqR2UcAI (Thanks to Kok Bisa channel)






One Comment to Mengapa Ada Kebakaran Hutan atau Kabut Asap di Sumatra?

  1. kalian peduli terhadap bencana asap? cek petisi online ini==> http://chn.ge/1ku8rlF

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *