Ini Dia Berbagai Perlengkapan Untuk Membuat Game

Ini Dia Berbagai Perlengkapan Untuk Membuat Game



Ini Dia Berbagai Perlengkapan Untuk Membuat Game – Game merupakan sebuah “hal” yang sangat menyenangkan bila kita operasikan. Dan tanpa di jelaskan apapun, pasti kamu sudah tau apa itu game. Dan tanpa sadar selama ini kita sudah lebih dari 100 jam (mungkin) hanya untuk bermain game.

Di artikel kali ini saya akan membagikan pengentahun saya yang cetek ini dan juga berbagai sumber yang saya dapat mengenai cara-cara dan apa saja yang di butuhkan untuk membuat game. So, kini saatnya mari kita menjadikan diri kita dari seorang player game ke developer game.

1. Tentukan Tema, Alur Cerita, dan Latar Game Kamu

Ini Dia Berbagai Perlengkapan Untuk Membuat Game
Cara yang pertama menurut saya untuk membuat sebuah game adalah, kita harus membuat sebuah tema, kemudian kita juga harus membuat sebuah alur cerita, dan juga latar yang akan kita aplikasikan ke game yang akan kita buat. Tema, di sini saya sarankan untuk membuat tema yang sesuai apa yang kamu suka. Misalkan kamu suka dengan hal yang berbau horror, maka tentukan saja tema game yang akan kamu buat adalah bertemakan horror.
Lalu alur cerita. Biasanya game-game horror itu kan survival atau bertahan hidup (Mungkin bertahan hidup dari hantu, atau dari monster), maka alur ceritanya di buat seperti kita sedang terdampar di suatu tempat. COntoh game yang menggunakan tema dan alur cerita seperti itu adalah game Outlast.
Kemudian latar. Untuk latar ini hampir mirip seperti alur cerita, yaitu kita perlu menentukan dimana tempat yang akan kita setting agar suasana horror semakin terasa. Misalnya di sebuah rumah sakit yang memiliki banyak lorong mungkin.

2. Tentukan Spesifikasi Game yang Akan Kamu Buat

Ini Dia Berbagai Perlengkapan Untuk Membuat Game
Kedua, tentu kamu perlu menentukan spesifikasi game yang akan kamu buat. Bila kamu menggunakan settingan game yang 3D, kemungkinan kamu memerlukan spesifikasi yang kuat atau spek yang tinggi agar bisa menjalankan game yang kamu buat.
Saran saya bila kamu pemula, maka gunakanlah spek yang rendah dulu, alias gunakan settingan 2D di game kamu.

3. Pelajarilah Berbagai Bahasa Pemrograman

Ini Dia Berbagai Perlengkapan Untuk Membuat Game
Membuat sebuah game itu tak lepas dari bahasa pemrograman. Dan saya pernah baca-baca, bahwa untuk membuat sebuah game biasanya kita perlu keahlian berupa bahasa pemrograman C++. Namun sepertinya ada bahasa pemrograman yang lain sih.

4. Belajar Modeling Animasi, dan Gambar

Ini Dia Berbagai Perlengkapan Untuk Membuat Game
Yang Ke-empat menurut saya adalah kamu perlu belajar membuat sebuah animasi, modeling, belajar menggambar seperti membuat sebuah karakter, dan lain sebagainya. Hal ini tentu saja sangat penting mengingat yang akan kita buat adalah sebuah “hal” yang di mainkan secara digital, ya tentu kita perlu membuat berbagai karakter, kemudian kita juga harus membuat background, dan lain sebagainya.

5. Belajar Memahami Berbagai Software Untuk membuat Game

Ini Dia Berbagai Perlengkapan Untuk Membuat Game
Nah yang satu ini mungkin penting untuk memudahkan kamu. Ada berbagai macam software atau aplikasi yang bisa kita gunakan untuk membuat sebuah game. Aplikasi yang biasa saya gunakan sih Unity 3D, menurut saya software pembuat game tersebut sangat mudah untuk di operasikan atau di gunakan, jadi tinggal setting sana-sini, beres, dan mungkin gak perlu koding-koding segala macem.
Tapi tentu ada juga berbagai software yang bisa kamu gunakan untuk membuat game selain menggunakan Unity 3D, diantaranya adalah :
  1. GameSalad
  2. Stencyl
  3. GameMaker: Studio
  4. FlowLab
  5. Sploder
  6. ClickTeam Fusion 2.5
  7. Construct 2
  8. GameFroot

6. Kamu Butuh Tim

Tips dari saya yang selanjutnya adalah kemu memerlukan tim. Namun bila kamu hanya ingin mencoba-coba dulu, tim bisa kamu tiadakan. Dalam kata lain, kamu tak butuh tim bila kamu hanya ingin membuat game percobaan. Tim di sini tentunya sangat di perlukan, kenapa? Ada beberapa alasan menurut saya, yaitu di antaranya adalah :
  1. Dengan adanya tim pembuatan game jauh lebih cepat.
  2. Dengan adanya tim pembuatan game jauh lebih mudah.
  3. Dengan adanya tim game nantinya akan jauh lebih berkualitas.
Untuk mencari tim it sangat mudah, kamu tinggal mencari teman yang bisa atau jago di bidangnya. Misalnya ada teman kamu yang bernama Jupe, dia sangat pintar menggambar, maka ambilah dia menjadi salah satu tim kamu. Atau bila kamu tidak punya teman yang cocok, kamu bisa mencari tim lewat media sosial.

Penutub…

Nah bagaimana? Agak ribet? Memang sih agak ribet, namun tentu hasil akhrinya kita bakal mendapat teman karena adanya tim, kedua kita nanti bisa mendapat rejeki dari hasil penjualan game, dan lain sebagainya.
Oke sekian artikel singkat dari saya, dan terima kasih sudah membaca. Saya Malik Abimanyu, Wassalamualaikum Wr Wb.





Comments are Closed