SEO Bagi Bisnis Lokal

local-business

 

Pada hakekatnya internet bersifat global, namun apabila bisnis Anda bersifat lokal, jangan dulu berpikir untuk menjangkau pasar global, di mana para pelanggan Anda berdomisili di kota yang sama dengan Anda, atau bahkan mungkin mereka adalah tetangga Anda. Bagi bisnis lokal, menjangkau pasar global adalah suatu bentuk pemborosan. Oleh karenanya, Anda seharusnya berkonsentrasipada komunitas lokal. Anda mungkin bertanya bagaimana cara melakukannya, sementara web adalah sesuatu yang bersifat global dan Google tidak mengklasifikasi situs berdasarkan lokasi. Berikut adalah cara bagaimana melakukan bisnis lokal derngan SEO:

 

  1. Gunakan lokasi Anda sebagai keyword.

Trik pertama adalah menggunakan nama lokasi Anda sebagai keyword. Misalnya, apabila Anda tinggal di Surabaya dan bisnis Anda menjual asuransi mobil, Kalimat yang paling penting bagi Anda adalah “asuransi mobil Surabaya” karena kalimat itulah yang menjadi intisari bisnis Anda dan lokasi Anda serta akan mengarahkan masyarakat khususnya yang sedang mencari asuransi mobil di Surabaya.

 

  1. Gunakan lokasi Anda di metatag

Metatag sangat berpengaruh bagi search engine dan jangan sampai Anda lupa memasukkan lokasi Anda di sana, bersama dengan keyword Anda yang lain di dalam metatag dari halaman dalam situs Anda. Tentu saja, Anda harus memasukkan lokasi Anda ke dalam keyword yang Anda gunakan dalam badan teks karena jika tidak, agak terlihat janggal jika tidak ada lokasi di badan teks sebagai keyword namun muncul di dalam tag.

 

  1. Gunakan lokasi Anda di badan teks

Keyword di dalam badan teks sangat berperan dan jangan sampai Anda lewatkan. Apabila Anda melakukan optimasi hanya dengan “asuransi mobil”, hasilnya tidak akan sebagus peringkat “asuransi mobil Surabaya”, jadi, pastikan bahwa nama lokasi selalu menjadi bagian dari keyword Anda.

 

  1. Manfaatkan Google Places dan Yahoo Local

Google Places dan Yahoo Local merupakan tempat ideal, karena keduanya akan menyertakan Anda dalam daftar mereka untuk lokasi tertentu

 

  1. Membuat backlink dengan lokasi Anda sebagai teks dasar

Tidak seperti dalam bahasa Inggris, dalam bahasa Indonesia kita tidak akan menemui kesulitan dalam manjadikan backlink organik dengan nama lokasi sebagai teks dasar, karena beberapa keyword dengan nama lokasi terasa alami, misalnya, “asuransi mobil Surabaya”. Keyword tadi juga bisa dimasukkan ke kolom komentar pada blog. Apabila blog tersebut dofollow, Anda tetap mendapatkan sebuah backlink dengan teks dasar yang dapat membantu SEO.

  1. Sertakan di search engine lokal

Search engine global, seperti Google, Bing maupun Yahoo dapat memberi Anda banyak traffic namun tergantung lokasi Anda berada, maka search engine lokal bisa menjadi ladang emas. Sebuah search engine lokal bisa diartikan search engine bagi sebuah wilayah (meski tidak ada yang bersifat regional) atau lebih tepat bagi negara di mana Anda berada. Misalnya, Baidu merupakan opsi yang bagus jika Anda berjualan di pasar China.

 

  1. Masukkan ke daftar direktori lokal

Selain search engines lokal, cobalah keberuntungan Anda dengan direktori lokal juga. Anda mungkin berpikir bahwa tidak ada lagi orang yang mau membaca daftar direktori, namun tidak demikian adanya. Contohnya bisa kita lihat dari Halaman Kuning atau yang biasa kita kenal dengan Yellow Pages, adalah tempat pertama yang kita tuju jika mencari vendor lokal untuk produk tertentu.

 

  1. Jalankan kampanye iklan dengan target lokal

Salah satu cara efisien untuk mengendalikan target, traffic lokal ke situs Anda adalah hasil bantuan kampanye iklan dengan target lokal. Iklan Pay Per Click dan iklan baris merupakan dua opsi terbaik, setidaknya bagi kebanyakan para webmasters.

 

  1. Sesekali lakukan pemeriksaan keyword Anda

Sesekali memeriksa volume pencarian keyword Anda saat ini adalah ide yang baik karena pergeseran dalam volume pencarian cukup khas. Tak perlu disebutkan lagi jika orang tidak mencari “asuransi mobil Surabaya” lagi karena mereka sudah mulai menggunakan frase pencarian lain dan Anda terus mengoptimasikan “asuransi mobil Surabaya”, hal ini hanya membuang waktu dan uang. Selain itu juga awasi keyword yang digunakan pesaing Anda, ini akan menjadi petunjuk mana keyword yang bekerja dan mana yang tidak.

 

  1. Gunakan media sosial

Media sosial dapat mengendalikan lebih banyak traffic ke dalam sebuah situs ketimbang search engine, begitu pula pencarian lokal. Facebook, Twitter dan media sosial lainnya memiliki potensi penjualan yang besar karena Anda bisa mempromosikan bisnis Anda secara gratis dan menjangkau segmen yang Anda butuhkan. Grup lokal di media sosial sangat berharga karena anggotanya ada disekitar Anda.

 

  1. Mintalah review dan testimonial

Review dari pelanggan dan testimonial merupakan instrumen bisnis klasik dan mereka ibarat surat rekomendasi bagi bisnis Anda. Namun bagaimanapun, dari sudut pandang SEO, mereka bisa memiliki peran lain. Ada beberapa situs tempat me-review, di mana Anda bisa mempublikasikan reviews dan testimonial (atau minta pelanggan Anda untuk melakukannya) dan hal inilah yang mendatangkan bisnis kepada Anda. Gunakan situs review lokal atau yang bersifat nasional yang bisa Anda gunakan.

 

  1. Buat halaman terpisah untuk lokasi yang berbeda

Jika Anda mempunyai bisnis di beberapa lokasi berbeda, maka hal ini bisa menjadi pekerjaan tambahan buat Anda, karena tidak mungkin Anda melakukan optimasi semuanya, Anda tidak bisa memiliki frase kunci seperti “asuransi mobil Surabaya, Semarang, Bandung, Jakarta”. Dalam kasus ini solusinya adalah semisalkan halaman untuk lokasi yang berbeda. Jika lokasi Anda tersebar di beberapa penjuru dunia, Anda dapat membuat situs yang berbeda dengan domain negara berbeda seperti .co.id untuk Indonesia, .uk.co untuk Inggris Raya, .de untuk Jerman, dan lain sebagainya. Tapi ini hanya masuk akal untuk dilakukan, jika bisnis Anda benar-benar multinasional. Jika tidak, cukup dengan halaman yang terpisah untuk masing-masing lokasi Anda.

 

Tips sederhana cara mengoptimasikan situs Anda untuk pencarian lokal ini adalah suatu keharusan jika Anda mengandalkan pasar lokal. Mungkin Anda sudah melakukan beberapa dari tips ini dan Anda tahu mana yang cocok untuk Anda dan mana yang tidak. Lagi pula, jika Anda belum mencoba sama sekali, cobalah sekarang dan lihatlah apakah akan memiliki dampak positif pada peringkat Anda (dan bisnis Anda) atau tidak.






Comments are Closed