Cara Cek Suhu Komputer atau Laptop Dengan Mudah

Cara Cek Suhu Komputer atau Laptop Dengan Mudah
Cara Cek Suhu Komputer atau Laptop Dengan Mudah



Cara Cek Suhu Komputer atau Laptop Dengan Mudah – Hai semua, di artikel kali ini kita bakal membahas mengenai komputer atau laptop. Komputer dan laptop merupakan perangkat yang tentunya sangat di butuhkan di jaman yang serba modern jaman sekarang. Kita bisa menggunakan komputer dan laptop untuk kepentingan pekerjaan, untuk desain, untuk bermain game, dan melakukan aktifitas-aktifitas lainnya yang berkaitan dengan komputer dan juga laptop.

Nah apakah sering kali kamu merasakan bahwa laptop kamu semakin kesini makin panas? Memang bagi kamu pengguna laptop (terutama) yang sering atau mungkin setiap hari menggunakan laptop dalam jangka yang panjang, apalagi digunakan untuk aktifitas gaming dan berbagai aktifitas yang memerlukan spesifikasi besar lainnya, tentunya membaut laptop kuwalahan sehingga laptop lama-kelamaan menjadi panas.

Nah apa saja sih yang terjadi bila laptop terlalu lama mengalami suhu yang panas? Saya ada sebuah pengalaman, saya dulu sering sekali menggunakan laptop dengan durasi yang terlalu lama, sehingga sektiar 1 bulan atau 3 bulanan eh tiba-tiba baterai laptop saya habis. Nah untuk mengantisipasi hal yang sama terjadi dengan saya, maka di artikel kali ini saya ingin membagikan sebuah cara yang mungkin sangat berguna untuk kamu agar kamu tidak senasib dengan saya.

Nah cara atau tutorial ini memanfaatkan software. Jadi artikel ini juga bisa di bilang berbagai software untuk mengecek suhu laptop atau komputer, hehe. Oke langsung saja kita mulai tutorialnya.

1. Menggunakan Software Open Hardware Monitor

Software ini memiliki kemampuan untuk menganalisa berbagai informasi tentang suhu hardware yang terpasang di laptop atau komputer kamu secara menyeluruh atau secara mendetail. Kamu bisa download softwarenya di tautan berikut ini: Download Open Hardware Monitor.
Nah berikut ini adalah tampilan dari software Open Hardware Monitor.

2. Menggunakan Software HWMonitor

Software untuk mengecek suhu laptop atau komputer yang selanjutnya bernama HWMonitor. Saat pertama kali dibuka, software HWMonitor ini akan langsung secara otomatis menampilkan berbagai informasi tempratur dari perangkat keras yang terpasang di perangkat (Laptop atau komputer) kita. Namun saja sensor yang melekat di software HWMonitor ini tidak terlalu lengkap. Kamu bisa download software HWMonitor di tautan berikut ini : Download HWMonitor.
Berikut ini merupakan cuplikan gambar dari software HWMonitor.
Cara Cek Suhu Komputer atau Laptop Dengan Mudah
Cara Cek Suhu Komputer atau Laptop Dengan Mudah

3. Menggunakan Software Speccy

Software yang ketiga adalah bernama Speccy. Saya lihat dari screenshot di bawah, tentunya kamu sudah tau seperti apa kelebihan dari software ini, yang pertama tentunya tampilan atau user interfacenya terlihat sangat menawan dan juga cantik. Namun tentu saja ada kelemahan di software yang bernama Speccy ini, yaitu software ini memiliki informasi yang tidak terlalu lengkap.
Kamu bisa lihat cuplikan preview dari software Speccy di bawah ini.
Cara Cek Suhu Komputer atau Laptop Dengan Mudah
Cara Cek Suhu Komputer atau Laptop Dengan Mudah

Penutub

Sebetulnya ada juga beberapa software lagi yang memiliki fungsi yang sama seperti software di atas, yaitu diantaranya adalah SpeedFan dan HWiNFO. Dan saya mengucapkan terima kasih kepada forum yang bernama WinPoin, kenapa? Karena artikel ini bersumber dari forum tersebut. SIlahkan kamu klik tautan berikut ini untuk menuju ke thread forum Winpoin yang menjadi thread tersebut sebagai sumber dari artikel ini: 5 Software Untuk Cek Suhu Laptop/Komputer.
Baiklah, terima kasih sudah membaca artikel saya ini, semoga artikel ini dapat membantu kamu. Sekian dan terima kasih kembali, Wassalamualaikum Wr Wb.





Comments are Closed