Mendapatkan Traffic Dari Facebook

facebook-like-icon

Facebook bukanlah jejaring sosial yang pertama, tetapi yang paling populer. Ada banyak jejaring sosial lain sebelum Facebook dan beberapa diantaranya populer pada masanya, namun tidak ada yang bisa menggantikan kepopuleran Facebook. Selain dapat tetap berhubungan dengan teman-teman Anda, Facebook dapat digunakan untuk berbisnis. Anda dapat menggunakannya untuk mempromosikan produk dan jasa Anda, untuk mendapatkan klien baru atau untuk mendapatkan traffic ke situs Anda.

 

Seperti Twitter, Facebook adalah salah satu dari banyak cara untuk mendapatkan traffic ke situs Anda. Banyak pemasar percaya bahwa hanya masalah waktu untuk traffic dari Facebook, Twitter dan situs jejaring sosial besar lainnya malampaui traffic yang mereka dapatkan dari Google.

 

Mungkin suatu saat akan terjadi, jangan anggap ini sebuah janji bahwa meski jika Anda melakukan segala sesuatunya dengan benar, Facebook, Twitter  atau situs lain yang sejenis akan melakukan keajaiban traffic bagi Anda. Bagi sebagian orang, Facebook seperti sihir, namun bagi sebagian lain tidak sependapat. Hal yang sama berlaku untuk Twitter. Anda tidak bisa tahu sebelumnya jika Facebook dan/atau Twitter akan membuat server Anda crash oleh traffic. Cobalah keduanya dan lihat mana yang (jika ada) sesuai untuk Anda.

 

Tidak seperti Twitter, yang sangat sederhana, Facebook menawarkan lebih banyak kemungkinan. Ya, Anda mungkin perlu lebih banyak waktu untuk mengeksplorasi semua kemungkinan dan mengambil keuntungan dari Facebook tapi mudah-mudahan upaya ini akan memiliki return yang besar dalam traffic. Berikut adalah beberapa tips yang dapat membantu Anda mengubah Facebook menjadi sebuah raksasa traffic:

 

  1. Profil Anda adalah senjata utama Anda

Seperti Twitter dan jejaring sosial lain, jika Anda tidak membuat profil Anda menarik, Anda akan sulit menjadi populer. Berikan informasi latar belakang yang cukup untuk Anda dan jangan lupa untuk membuat profil Anda dibuat “publik“, karena dengan cara ini bahkan orang-orang yang tidak tahu Anda, ketika mereka membaca profil Anda, mereka mungkin menjadi tertarik pada Anda dan menjadi customer Anda.

 

  1. Masukkan informasi tentang situs Anda di Wall Anda dan di galeri foto

Facebook memberi Anda kesempatan untuk menulis banyak tentang Anda dan usaha Anda, serta untuk memasukkan gambar,  jadi gunakan semua kesempatan ini untuk membangun minat pada Anda dan produk Anda. Malah lebih baik lagi mengirim video dan mengisi tab lain, jadi jika Anda memiliki sesuatu yang berarti untuk diletakkan di sana, lakukan saja.

 

  1. Bangun jaringan Anda

Seperti situs jejaring sosial lainnya, jaringan Anda adalah modal utama Anda. Itulah sebabnya Anda perlu mengundang teman, kenalan dan mitra Anda, lalu ajaklah mereka untuk bergabung sebagai teman Anda. Anda juga harus mencari orang-orang dengan minat yang sama dengan Anda. Namun, jangan memaksa dan jangan lakukan spam karena ini bukan cara yang baik untuk meyakinkan orang untuk bergabung dengan jaringan Anda.

 

  1. Posting teratur

Seberapa pun menariknya profil Facebook Anda, percuma saja jika Anda tidak mempublikasikan konten baru secara teratur, traffic ke profil Facebook Anda akan berkurang. Jika Anda dapat memposting setiap hari itu bagus, meski jika Anda tidak posting secara teratur, cobalah untuk melakukannya sesering mungkin. Jika ada waktu senggang, update status Anda secara teratur sangat bermanfaat, jadi lakukanlah.

 

  1. Pro aktif

Profil yang bagus, jaringan yang mengesankan dan posting secara teratur adalah hanya merupakan sebagian dari resep untuk sukses di Facebook. Anda juga harus aktif mengunjungi profil teman Anda, ambil bagian dalam kelompok mereka dan inisiatif lainnya, kunjungi situs mereka. Semua ini membutuhkan banyak waktu dan Anda mungkin akan segera menemukan bahwa Facebooking adalah pekerjaan fulltime, tetapi jika Anda melihat peningkatan traffic ke situs Anda, maka semua ini layak dilakukan.

 

  1. Atur halaman Anda

Tidak seperti jejaring sosial lainnya, Facebook memberi Anda lebih banyak fleksibilitas. Jika Anda menempatkan RSS feed dengan link ke blog Anda di lokasi yang terlihat, ini saja bisa menghasilkan banyak traffic untuk Anda.

 

  1. Periksalah Facebook apps apa yang tersedia

Facebook apps ada banyak dan selalu ada yang baru dirilis setiap waktu. Meski banyak dari aplikasi ini tidak persis dengan apa yang Anda butuhkan, ada aplikasi yang sesuai untuk Anda dengan hasil yang baik. Misalnya, widget/plugin MarketPlace atau widget Blog Friends sangat berguna jika Anda bisa memanfaatkannya. Anda juga dapat gunakan widget untuk pertukaran posting, misalnya posting langsung di Twitter dari Facebook, demikian juga sebaliknya, hal ini akan menghemat waktu Anda.

 

  1. Gunakan Facebook Social Ads

Jika Anda tidak dapat mendapatkan traffic dengan cara alami, Anda mungkin perlu mempertimbangkan menggunakan iklan Sosial Facebook. Ini adalah iklan PPC atau kampanye yang mirip dengan kampanye AdWords.

 

  1. Membuat group

Ada banyak group di Facebook dan sangat mungkin bahwa ada celah gratis untuk Anda. Buatlah group tentang sesuatu yang berhubungan dengan bisnis Anda dan mengundang orang untuk bergabung. Keuntungan dari pendekatan ini adalah Anda akan mendapatkan pengguna yang ditargetkan, misalnya orang-orang yang tertarik pada Anda, produk Anda, ide-ide Anda dan lain-lain

 

  1. Tulis ekstensi Facebook Anda sendiri

Meskipun langkah ini tentunya tidak untuk semua orang, jika Anda dapat menulis ekstensi Facebook, ini adalah salah satu cara yang lebih bagus untuk membuat profil Facebook Anda populer dan mendapatkan beberapa traffic.

 

  1. Gunakan profil yang terpisah

Sayangnya, jejaring sosial mengekspos banyak informasi pribadi, jika Anda tidak ingin terlalu banyak publisitas. Banyak orang yang berhak khawatir tentang privasi mereka di situs jejaring sosial dan itulah sebabnya tidak jarang untuk memiliki satu profil pribadi untuk teman-teman dan satu profil bisnis untuk mempromosikan bisnis mereka. Anda dapat memiliki satu profil tunggal untuk kedua tujuan, tetapi jika Anda memiliki masalah privasi, pertimbangkan untuk memisahkannya dalam dua profil. Anda akan merasa lebih aman.

 

 

Facebook berubah sepanjang waktu dan tidak peduli seberapa keras Anda mencoba untuk mengikuti perubahan ini, akan ada kemungkinan-kemungkinan baru untuk Anda jelajahi. Itulah sebabnya tidak mungkin untuk mengkompilasi sebuah daftar lengkap dan semua taktik yang dapat Anda gunakan untuk mengarahkan traffic dari Facebook ke situs Anda. Silahkan Anda mencoba dasar-dasar untuk sukses di Facebook diatas, kemungkinan Anda akan mendapatkan peningkatan traffic yang cukup.

0 Replies to “Mendapatkan Traffic Dari Facebook”

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *