Bagaimana Menganalisa Pesaing SEO Anda

analisa

Apakah Anda pernah merasa bahwa Anda tidak peduli dengan apa yang Anda lakukan? Anda merasa tidak berhasil dengan search engine? Meskipun sangat mungkin bahwa Anda melakukan hal yang salah, salah satu alasan lain yang mungkin untuk membuat kinerja SEO Anda buruk adalah bahwa pesaing Anda benar-benar tangguh. Jika Anda berada dalam bidang yang sangat kompetitif, maka pesaing Anda dapat benar-benar menghancurkan dan Anda tidak mampu untuk mengacuhkan mereka.

Bahkan jika bidang Anda bukan bidang yang kompetitif, maka Anda akan menang hanya jika Anda tahu bagaimana cara mengukur keberhasilan dan kegagalan pesaing Anda. Berikut adalah beberapa langkah yang dapat Anda lakukan untuk menganalisis pesaing SEO Anda.

  1. Cari Tahu Siapa Pesaing SEO Anda

Anda tidak dapat menganalisis pesaing Anda jika Anda tidak tahu siapa mereka. Dalam beberapa kasus mengidentifikasi pesaing Anda sangatlah mudah, misalnya, jika Anda memiliki bisnis offline dan Anda tahu bahwa ada pesaing Anda di sana, Anda cukup memeriksa situs mereka.

Namun, dalam kasus lain, mengidentifikasi pesaing Anda tidaklah mudah. Pesaing Anda bisa berupa situs yang memiliki bidang sama sama dengang Anda, situs dengan peringkat yang bagus untuk keyword utama Anda atau pesaing langsung keyword Anda, dan lain sebagainya. Daftar pesaing Anda bisa menjadi panjang dan pastinya Anda tidak dapat memantau mereka satu per satu. Lakukan pencarian dengan Google tentang keyword target Anda dan buatlah daftar situs / perusahaan yang muncul di atas dalam hasil pencarian. Anggaplah ini menjadi pesaing utama Anda.

 

  1. Kunjungi Situs Pesaing Anda dan Analisis Mereka

Setelah Anda memiliki daftar pesaing Anda, langkah berikutnya adalah mengunjungi situs mereka dan menganalisis mereka. Anda harus lihat apakah situs mereka didesain secara profesional, apakah mereka memiliki banyak konten, seperti apa kualitas konten mereka, apakah mereka menggunakan URL statis atau dinamis, dan lain sebagainya.  Ini inspeksi situs dasar yang dapat memberikan banyak informasi tentang seberapa profesional situs pesaing Anda, maka bisa kita lihat apakah search engine menyukainya atau tidak.

 

  1. Menganalisa Keyword Pesaing yang Anda Gunakan

Keyword selalu menjadi faktor yang paling penting bagikeberhasilan SEO. Inilah sebabnya mengapa Anda bisa menganggap bahwa jika pesaing Anda menggunakan keyword dengan benar, maka situs mereka akan memiliki peringkat yang baik pada search engine. Anda mungkin kesulitan untuk mengidentifikasi keyword yang digunakan pesaing karena apa yang Anda pikir keyword teratas untuk bidang Anda, mungkin tidak berada di daftar mereka sama sekali. Jika Anda tidak mengetahui keyword yang mereka gunakan, cobalah periksa apakah mereka menggunakan keyword Anda.

Atau Anda dapat gunakan Website Keyword Suggestion tool untuk memeriksa keyword yang seharusnya bekerja dengan baik untuk situs mereka. Saat melakukan pemeriksaan, Anda mungkin menemukan banyak keyword yang berguna untuk Anda yang terlewat oleh Anda dan mulailah optimasikan situs Anda dengan keywordkeyword tersebut.

Anda juga harus memeriksa kepadatan keyword dari keyword pesaing Anda. Keyword Density Cloud tool akan membantu Anda mendapatkan ide. Di samping itu, jangan lupa untuk memeriksa lokasi keyword, seperti dalam judul, metatag, tag gambar, URL, dan lain sebagainya.

 

  1. Periksa Kompetisi Backlink

Backlink adalah tulang punggung lain dari peringkat SEO yang baik. Inilah sebabnya mengapa Anda harus benar-benar memeriksa persaingan backlink. Ketahuilah jumlah dan asal usul mereka, anchor text dan lain sebagainya, maka Anda akan mendapatkan petunjuk bagaimana pesaing Anda melakukannya. Sering kali Anda mungkin mendapatkan beberapa ide backlink, yaitu jika Anda melihat bahwa pesaing Anda memiliki backlink dari situs populer yang Anda tidak tahu, menghubungi webmaster dari situs populer tersebut untuk mengetahui apakah Anda bisa mendapatkan backlink dari mereka juga. Ada banyak tools gratis yang dapat Anda gunakan dan beberapa yang terbaik diantaranya adalah: Backlink Anchor Text Analysis dan Backlink Summary.

 

  1. Periksa Faktor SEO Lainnya

Keyword dan backlink penting tetapi bukanlah segalanya. Untuk mengetahui bagaimana persaingan Anda diberi peringkat, Anda perlu melihat Page Rank pesaing Anda di Google dan bagaimana performa mereka di Yahoo dan Bing. Anda juga harus melihat berapa jumlah halaman yang terindeks yang dimiliki situs pesaing Anda di search engine.

 

  1. Evaluasi Keberadaan Kompetitor Anda di Media Sosial

Media sosial cenderung mengarahkan banyak traffic ke sebuah situs. Inilah sebabnya mengapa Anda tidak dapat melewatkan apa yang dilakukan pesaing Anda pada media sosial. Sayangnya, pemeriksaan ini sulit untuk dilakukan. Social bookmarking sites adalah salah satu jenis media sosial dan Anda dapat memulai riset Anda dari sana. Silakan lihat pada beberapa situs social bookmark utama untuk melihat apakah pesaing Anda memiliki posting di sana dan seberapa populer posting mereka.

Twitter dan Facebook adalah dua sumber besar traffic lainnya. Anda dapat menelusuri untuk melihat apakah pesaing utama Anda memiliki profil di situs tersebut, namun jika Anda tidak berteman dengan mereka, Anda tidak akan pernah tahu persis apa yang mereka posting. Namun, jika profil mereka memiliki bagian yang tersedia untuk publik, ini memberikan gambaran tentang apa yang mereka lakukan di Twitter dan Facebook.

 

  1. Cara Menganalisa Pesaing Anda Apakah Menggunakan Iklan Pay Per Click (PPC)

Banyak perusahaan telah menyadari bahwa menggunakan PPC untuk mengarahkan traffic berkualitas yang lebih murah dan lebih efisien daripada optimasi peringkat yang baik dalam hasil pencarian alami. Google Adwords adalah pilihan yang lebih disukai untuk PPC tetapi ada juga
jaringan lain yang banyak akan digunakan oleh webmaster. Salah satu tool terbaik, meskipun terbatas hanya pada Google Adwords saja, adalah Analyze Competition tool dari Google. Tool ini memungkinkan untuk membandingkan bagaimana PPC yang Anda lakukan dibandingkan dengan kampanye pesaing Anda.

 

Pemantauan pesaing Anda adalah tugas yang tidak akan pernah berakhir. Semua kegiatan yang tercantum dalam artikel ini cukup memakan waktu, tetapi jika Anda tidak ingin dibiarkan tidak mengerti tentang dunia di sekitar Anda, Anda perlu meluangkan waktu dan melakukan analisa. Bahkan jika Anda menyadari bahwa Anda tidak bisa memenangkan kompetisi, setidaknya Anda dapat belajar dari sana dan ini akan membantu Anda menjadi lebih efisien dalam usaha SEO Anda.






Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *