Tips Sederhana Cara Menghadapi Persaingan Pasar

Tips Sederhana Cara Menghadapi Persaingan Pasar – Di era globalisasi seperti sekarang ini, banyak sekali bermunculan anekaragam bentuk, macam, jenis bisnis-bisnis yang semakin hari kian menjamur dalam dunia usaha. Keberadaan bisnis yang semakin banyak, bervariasi, dan semakin menjamur ini sudah tentu memberikan efek yang signifikan bagi kondisi kewirausahaan. Efek yang dapat ditimbulkan, dilihat secara kasatmata adalah adanya persaingan antar pebisnis satu dengan yang lainnya.

Persaingan ini memang benar-benar tidak mampu dielakkan lagi mengingat dengan berbagai varian bisnis yang ada, konsumen akan menjadi lebih pintar, paham, dan mahir dalam menentukan pilihannya untuk mengonsumsi suatu produk yang notabene selalu dilihat dari segala sisi baik dari segi kualitasnya, segi kesehatannya, segi kepraktisannya, segi nyamannya, dan tak lupa dilihat dari segi harganya apakah harganya produk itu sesuai atau tidak dengan kantong perokonomian para konsumen tersebut.

Sudah menjadi hukum alam bahwa pada prinsipnya konsumen akan selalu ingin mendapatkan barang bagus, berkualitas, nyaman, dan aman namun harus dengan satu syarat yaitu “dapat dibeli dengan harga yang murah”. Inilah yang menjadi sekelumit penambah serum problematika yang harus dihadapi, dituntaskan, dan ditemukan bagaimana solusinya oleh para pebisnis. Padahal realitanya semakin hari barang-barang baku produksi semakin sulit, langka keberadaanya dan sudah tentu semakin kesini akan semakin mahal harganya. Pemikiran yang telah menjadi karakter, mendarah daging, dan menjadi tabiat dari para konsumen inilah yang terus menuntut para pebisnis untuk selalu bersaing secara penuh untuk menjadikan bisnis nya lebih segalanya jika dibandingkan dengan yang lain.

Kebanyakan dari para pebisnis selalu menggumamkan hal yang sama, yaitu pada kenyataanya di lapangan, konsumen menuntut pasokan produk yang berkualitas dari segala segi, harganya pas dikantong, namun kenyataanya disisi lain para pebisnis akan kebingungan karena harga bahan baku produksi yang terus melonjak, persediaan bahan baku produksi sulit didapat, semakin terbatas dan langka sehingga dalam  tersebut semakin ketat.

Tips Sederhana Cara Menghadapi Persaingan Pasar

Untuk terus mampu memenuhi derasnya kebutuhan konsumen dan besarnya kebutuhan pasar, pebisnis dituntut untuk segera move bertindak untuk memecahkan masalah yang cukup memutar otak bagi para pebisnis ini. Kunci dari penyelesaian problem tersebut dibahas dalam artikel Tips Sederhana Cara Menghadapi Persaingan Pasar yang sedang anda baca sekarang ini. Dan kuncinya adalah “ciptakan sesuatu yang berbeda”.

Nah, untuk menciptakan suatu hal yang berbeda langkah awal yang perlu kita lakukan adalah: Lihatlah di sekitar anda, Cari Alternatif Baru!!!

Dengan mencari alternative (pengganti) untuk bahan baku produksi kita dapat meminimalisir penggunaan bahan baku produksi utama yang semakin hari kian terbatas, langka, dan mahal. Jika memungkinkan, pilih dan temukan bahan baku produksi anda sendiri yang lebih murah, dan mudah ditemukan tanpa harus mengurangi kualitas dari hasil produksi anda nantinya.

Setelah masalah keterbatasan bahan baku produksi itu dapat terselesaikan, para pebisnis akan dihadapkan lagi dengan masalah persaingan bisnis yang kian ketat. Apalagi di era yang super canggih seperti sekarang ini dimana semua informasi bisnis dapat diakses dengan mudah dalam sekejap mata. Hal yang menjadi tuntutan yang mengharuskan, wajib, dan mutlak adalah adanya daya tarik suatu produk. Karena produk yang umum, biasa-biasa saja, standart akan tergerus oleh banyaknya varian produk yang kian merajalela. Disinilah diperlukan Skiil Quality dan Out Of the Box (lain dari pada yang lain). Kekreatifan dari seorang pebisnis benar-benar dituntut disini. Agar tiddak kalah saing dengan bisnis-bisnis yang kian merebak,Yang perlu anda lakukan adalah “Make Something Different !!!”. “Keluarlah dari zona nyaman anda dan ciptakan sesuatu yang baru”.

Dan inilah contoh-contohnya:

  1. Restoran Rumah Sakit, Jakarta

Cara menghadapi persaingan pasar 1

  1. Restoran Bernuansa Penjara, Jakarta

Cara menghadapi persaingan pasar 2

  1. Death By Chocolate, Bogor

Cara menghadapi persaingan pasar 3

Remember on “buat perbedaanmu dan tunjukan pada dunia bahwa anda bisa !!!”

Baiklah, semoga artikel tentang Tips Sederhana Cara Menghadapi Persaingan Pasar kali ini dapat menambah serum penyemangat anda dalam menjelajahi dunia bisnis.

“ Keep Moving dan Salam Sukses”

 






Comments are Closed