10 TIPS MUDAH SEO UNTUK PEMULA

10-tips-mudah-seo-untuk-pemula

 

Optimasi Mesin Pencari. Jika Anda seorang blogger baru, Anda mungkin pernah mendengar istilah ini. Maksudnya optimasi mesin pencari adalah memaksimalkan website atau blog beserta isinya (konten artikel) bisa muncul di halaman pencarian Google. Untuk memaksimalkan website kita pada mesin pencari Google, dibutuhkan teknik SEO onpage dan offpage.

Perlu diketahui, teknik onpage, yaitu teknik yang kita lakukan pada website atau blog kita dengan cara membuat artikel yang terdapat keyword yang diincar dan terdapat deskripsi yang berisi keyword yang diincar. Teknik SEO offpage, yaitu teknik yang dilakukan di luar website atau blog, salah satunya adalah mencari backlink

Berikut beberapa tips yang dapat membantu mengembangkan situs Anda

 

  1. Gunakan Kata Kunci

Kata kunci adalah bagaimana pencari (pada Google) menemukan situs Anda, sehingga Anda dapat melihat bahwa menggunakan deskriptif atau kata kunci tertentu dapat membantu mendapatkan pembaca blog lebih ke situs Anda. Jangan membebani postingan Anda, satu atau dua kata kunci sudah cukup. Gunakan dan masukkan kata kunci itu ke dalam judul dan postingan Anda. Misalnya, kata kunci Anda adalah “optimasi mesin pencari”. Hal ini juga harus muncul dalam permalink Anda.

Google Adwords Keyword Planner adalah perangkat gratis yang dapat membantu Anda menemukan kata kunci apa yang pembaca gunakan dalam situs pencarian. Ingat bahwa sementara Anda ingin pembaca untuk dapat menemukan postingan Anda, gunakanlah kata kunci yang sesuai dengan Situs dan postingan Anda

 

  1. Desain Judul Halaman Anda

Anda dapat membuat judul yang bisa menonjol di antara semua orang tentang topik yang sama. Search engine (mesin pencarian) lebih memilih judul antara 40 dan 70 karakter. Judul Anda harus memberikan ide yang cukup baik dari apa yang Anda posting termasuk kata kunci

 

  1. Sertakan Meta Description

Meta description adalah potongan kecil yang muncul di hasil pencarian, sehingga Anda dapat melihat bahwa ini termasuk salah satu aspek yang penting. Anda memiliki 140 karakter untuk membuat postingan blog Anda lebih menarik dan lebih penting daripada artikel lainnya pada topik yang sama. Jika Anda tidak menetapkan meta description, mesin pencari akan lebih memilih kalimat pertama dari postingan blog Anda, yang mungkin tidak akan membantu.

Saat menulis meta description yang akan meningkatkan optimasi mesin pencari, pastikan untuk menggunakan kata kunci Anda dan tetap dalam batas 140 karakter (atau kata-kata Anda akan dipotong).

 

  1. Mengedit URL Anda

Halaman URL Anda, atau permalink, juga harus berisi kata kunci Anda. Harus relatif singkat, namun deskriptif. URL seharusnya tidak menjadi serangkaian nomor, tanggal, atau sesuatu seperti “p = 1.115.” Ini tidak akan membantu SEO Anda. Idealnya, permalink Anda akan menjadi nama posting Anda, dengan atau tanpa tanggal. URL dapat diubah dalam Pengaturan / Permalinks (dalam blog WordPress).

Anda juga dapat mengubah URL di dalam posting. Langsung di bawah judul, Anda akan melihat permalink Anda dan tombol edit. Anda dapat menggunakan ini untuk mengedit kata-kata yang bertele-tele dalam judul Anda. Tetaplah ringkas, deskriptif, dan menyertakan kata kunci Anda.

 

  1. Konten adalah Raja

Menulis postingan blog yang berkualitas baik, yang menarik, menggunakan tata bahasa yang baik, dengan fotografi yang indah adalah langkah awal Anda. Bagaimana hal ini dapat membantu SEO Anda? Ketika pembaca menemukan sesuatu yang mereka suka, mereka ingin meyebarkannya (share). Media sosial adalah cara organik lainnya untuk meningkatkan hasil pencarian Anda.

 

  1. Gunakan Kata kunci dan SubHeading

Gunakan kata kunci dalam posting blog Anda. Search engine (mesin pencari) memahami sinonim, jadi apakah orang akan mengetikan “optimasi mesin pencari,” “SEO,” atau “hasil pencarian organik,” ini adalah beberapa kata yang akan menemukan postingan blog Anda ketika orang menggunakannya untuk mencari.

Gunakan subheading dalam posting Anda, termasuk setidaknya satu dengan kata kunci Anda. Hal ini tidak hanya akan membantu peringkat SEO Anda, itu akan membuat postingan Anda lebih mudah bagi pembaca Anda untuk menemukannya.

 

  1. Postingan Blog dengan Paragraf

Idealnya, posting Anda harus setidaknya 300 kata , dan sebagian besar sumber merekomendasikan postingan dari sekitar 700 kata untuk menghasilkan SEO yang optimal. Pada dasarnya, menulis dengan jelas, ringkas, menggunakan tata bahasa dan ejaan yang baik, dan paragraf singkat untuk dapat dibaca dengan mudah.

 

  1. Link Internal dan Eksternal

Postingan Anda harus berisi link keluar, baik internal maupun eksternal. Link internal adalah orang yang menunjuk ke postingan Anda sebelumnya, yang akan mendorong pembaca Anda untuk bertahan lebih lama dan membaca lebih dari apa yang Anda katakan.

Eksternal, atau link keluar, membantu mesin pencari mengetahui niche Anda, berdasarkan jenis situs yang terhubung dengan Anda. Hal ini juga membantu Anda membangun hubungan dengan blogger lain yang dapat meningkatkan tingkat kepercayaan dari situs Anda. Link eksternal harus relatif terhadap niche Anda dan postingan Anda.

Ini tidak berlaku untuk situs yang telah membayar Anda untuk melakukan link (posting yang disponsori). Mereka bisa menurunkan peringkat SEO Anda.

 

  1. Optimalkan Foto-foto Anda

Anda juga harus mengoptimalkan gambar dalam postingan Anda. Ini membantu untuk memunculkan pada pencarian gambar dan memberikan istilah yang Anda namai. Hindari judul yang umum. Sebaliknya, gunakan nama file pendek tapi deskriptif untuk setiap foto.

Jangan berhenti di situ saja. Setelah Anda menambahkan gambar Anda, rubahlah teks alternatif, yang akan mendatangkan pengunjung dengan menamai gambar tersebut, untuk mendeskripsikan postingan blog Anda. Ini adalah teks yang akan muncul ketika postingan dibagikan, jadi gunakan kata kunci Anda, dan tulislah apa yang ingin Anda lihat di Twitter ketika gambar dibagikan.

Lakukan hal ini untuk semua gambar pada halaman postingan Anda, apakah Anda berniat foto-foto tersebut untuk dibagikan atau tidak itu urusan nanti. Teks ini juga akan muncul dalam keadaan saat foto tidak dapat ditampilkan untuk beberapa alasan. Akhirnya, judul gambar dan teks akan membantu mesin pencari gambar lebih memahami foto Anda, yang akan membantu peringkat lebih baik dalam pencarian gambar.

 

  1. Periksa Mobilitas Anda

Semakin banyak orang membaca blog dari ponsel atau tablet mereka, sehingga masuk akal bagi seorang blogger untuk memastikan bahwa situs mereka dioptimalkan untuk perangkat mobile. Tidak hanya itu, tetapi baru-baru ini Google bahkan membuatnya lebih penting lagi dengan membuat optimasi ponsel sebagai faktor penting untuk pencarian yang dilakukan pada perangkat mobile.

Untungnya, blogger-blogger baru tidak harus mencari cara untuk melakukan hal ini sendiri. Kebanyakan tema-tema pada WordPress dapat melakukan hal ini untuk Anda, atau tersedia juga plugin untuk memastikan bahwa situs Anda terlihat baik dan bekerja dengan baik pada perangkat mobile.

 

 

Itu adalah 10 tips yang dapat membantu Anda memulai untuk meningkatkan optimasi mesin pencari Anda dan dapat membantu blog Anda muncul lebih tinggi dalam hasil pencarian. Jika Anda memiliki pertanyaan, atau jika Anda adalah seorang ahli dan ingin menambahkan  sesuatu, silahkan melakukannya di komentar.






Comments are Closed