Dasar-dasar SEO: 8 Hal Penting saat Mengoptimasi Situs Anda

Dasar-dasar SEO: 8 Hal Penting saat Mengoptimasi Situs Anda

Dasar-dasar dari optimasi mesin pencari (SEO) merupakan hal yang fundamental. Dan penting. SEO akan membantu memposisikan situs Anda dengan benar agar dapat ditemukan pada saat yang paling penting pada saat proses pembelian atau ketika orang membutuhkan informasi dari situs Anda.

Apa yang search engine cari? Bagaimana Anda dapat membangun situs dengan cara yang menyenangkan baik bagi pengunjung/pelanggan maupun Google, Bing dan search engine lainnya? Yang lebih penting, bagaimana SEO bisa membantu kehadiran situs Anda menjadi lebih menguntungkan?

Seperti yang dijelaskan oleh Carolyn Shelby (@CShel), Direktur SEO, Chicago Tribune/435 Digital pada Pengantar sesi SEO di SES New York, nilai ekstrim SEO dapat memberi sebuah situs dan menekankan pentingnya dasar SEO dengan menggunakan analogi berikut :

“Melewatkan hal-hal mendasar dan menghabiskan waktu dan uang untuk bergaul dan ‘barang mewah’ sama saja dengan tidak menyikat gigi dan mandi, tetapi membeli pemutih gigi dan memakai cologne mahal,” kata Shelby.

Meskipun Pengantar tadi dimaksudkan untuk pendatang baru pada suatu industri, kiat-kiat dari Shelby tersebut menjadi pengingat penting bahkan bagi SEO profesional berpengalaman yang telah mengoptimasikan situs selama bertahun-tahun.

 

Apa sih sebenarnya SEO itu?

Tujuan dasar dari SEO bukan untuk melakukan kecurangan atau “mempermainkan” search engine. Tujuan dari SEO adalah untuk :

  • Membuat pengalaman menarik bagi pengguna.
  • Mengkomunikasikan dengan search engine tentang apa yang Anda inginkan sehingga mesin pencari dapat merekomendasikan situs Anda untuk hasil pencarian yang relevan.

 

  1. Situs Anda diibaratkan sebuah kue tart

Link Anda, pencarian berbayar dan media sosial bertindak sebagai lapisan paling atas, sementara konten, arsitektur informasi, sistem manajemen konten dan infrastruktur bertindak sebagai gula dan membuat kue tersebut. Tanpa hal tersebut, kue Anda akan terasa hambar, membosankan dan akhirnya akan dibuang ke tempat sampah.

 

  1. Apa yang search engine cari?

Search engine ingin melakukan pekerjaan mereka sebaik mungkin dengan mengarahkan pengguna ke situs-situs dan konten yang paling relevan dengan apa yang mereka cari. Jadi bagaimana relevansi ditentukan ?

  • Konten: ditentukan oleh tema yang diberikan, teks pada halaman dan judul serta deskripsi yang diberikan.
  • Kinerja: Seberapa cepat situs Anda dan apakah bekerja dengan baik?
  • Otoritas: Apakah situs Anda memiliki konten yang cukup baik untuk dihubungkan atau apakah situs otoritatif lain menggunakan situs Anda sebagai referensi atau mengutip informasi yang tersedia?
  • Pengalaman Pengguna: Bagaimana situs tersebut terlihat? Apakah navigasinya mudah? Apakah terlihat aman? Apakah ia memiliki tingkat bouncing yang tinggi?

 

  1. Search engine Mana Yang TIDAK Mencari

Search engine spider hanya memiliki sejumlah penyimpanan data, jadi jika Anda melakukan taktik curang atau mencoba untuk mengelabui mereka, kemungkinan Anda akan menderita berkepanjangan. Hal-hal yang tidak diinginkan search engine adalah:

  • Memasukkan Keyword: Penggunakan keyword yang berlebihan pada halaman Anda.
  • Link Yang Dibeli: Membeli link tidak akan mendapat tempat di SEO, jadi berhati-hatilah.
  • Pengalaman Pengguna yang seadanya Mudahkan pengguna untuk menjelajahi situs Anda. Terlalu banyak iklan dan menyulitkan orang untuk menemukan konten yang mereka cari hanya akan meningkatkan tingkat bouncing Anda. Mengetahui tingkat bouncing Anda akan membantu menentukan informasi lain tentang situs Anda. Sebagai contoh, jika 80 persen atau lebih tingkat bouncing sementara Anda memiliki konten, kemungkinan ada sesuatu yang salah.

 

  1. Tahu Model Bisnis Anda

Walaupun sudah cukup jelas, begitu banyak orang cenderung untuk tidak duduk diam dan hanya fokus pada tujuan utama mereka. Pertanyaan yang harus Anda tanyakan pada diri Anda adalah:

  • Apa definisi konversi bagi Anda?
  • Apakah Anda menjual “kesan” atau apa yang di-klik oleh orang?
  • Apa sasaran Anda?
  • Apakah Anda tahu hak dan kewajiban Anda?

 

  1. Jangan Lupa lakukan Optimasi untuk Multi-Channel

Strategi keyword tidak hanya penting untuk implementasi di tempat, tetapi juga harus meliputi platform lain, itulah sebabnya mengapa Anda juga harus berpikir tentang optimasi multi-channel.

Multi-channel platform meliputi:

  • Facebook
  • Twitter
  • LinkedIn
  • Email
  • Offline, seperti iklan radio dan TV

Konsisten dengan frase keyword dalam platform ini tidak hanya akan membantu upaya branding Anda, tetapi juga membiasakan pengguna untuk menggunakan frase spesifik yang Anda optimasikan.

 

  1. Konsisten Dengan Nama Domain Anda

Penamaan domain sangat penting untuk fondasi Anda secara keseluruhan, sehingga Anda lebih baik menggunakan sub-directory root domain (domainanda.com/contoh) dibandingkan sub-domain (contoh.domainanda.com). Beberapa praktek terbaik lainnya dengan nama domain adalah :

  • Domain yang Konsisten: Jika Anda mengetik www.contoh.com, tapi pada kesempatan lain Anda hanya menulis contoh.com dan “www” tidak redirect ke www.contoh.com, artinya search engine melihat dua lokasi yang berbeda. Hal ini tidak bagus untuk usaha SEO Anda secara keseluruhan karena akan membingungkan inbound link Anda, karena situs eksternal akan terhubung ke www.example.com juga example.com.
  • Tetap Dengan Gaya Lama: Domain Lama lebih baik daripada yang baru, tetapi jika Anda membeli sebuah domain lama, pastikan bahwa pemilik sebelumnya tidak melakukan sesuatu yang terselubung sehingga domain mendapat sanksi.
  • Keyword dalam URL: Memiliki keyword yang Anda coba untuk angkat peringkatnya di dalam domain Anda hanya akan membantu usaha Anda secara keseluruhan.

 

  1. Optimasi Berbagai Bentuk Lain

Selain optimasi untuk komputer pribadi (PC), pastikan untuk fokus pada optimasi ponsel dan tablet serta media lainnya.

  • Buat konten media yang kaya seperti video, karena lebih mudah untuk video untuk mendapatkan peringkat pada halaman pertama daripada halaman teks biasa.
  • Mengoptimasikan konten non-teks Anda sehingga search engine bisa melihatnya. Jika situs Anda menggunakan Flash atau PDF, pastikan Anda membaca tentang praktek-praktek terbaik terbaru sehingga search engine dapat crawling pada konten tersebut dan memberikan kredit situs Anda untuk itu.

 

  1. Fokus pada Meta Data

Konten Anda di situs Anda harus memiliki title tags dan meta description.

  • Meta Keyword cukup banyak diabaikan oleh search engine saat ini, tetapi jika Anda masih menggunakannya, pastikan secara khusus berbicara tentang halaman tersebut dan diformat dengan benar.
  • Meta description Anda harus unik dan juga berbicara sesuai dengan halamannya. Menggandakan meta description dari halaman ke halaman tidak akan membawa hasil.

Title tags juga harus unik! Pikirkan judul layaknya iklan dengan 4 hingga 8 kata, jadi lakukan yang terbaik untuk menarik perhatian pembaca sehingga mereka ada kemauan untuk mengklik dan membaca lebih lanjut.

 

Ringkasan

Anda harus selalu menjaga SEO di garis depan pikiran Anda, dan selalu mengikuti praktek-praktek terbaik. Melewatkan dasar-dasar SEO hanya akan mendapati fondasi situs Anda berantakan dan menghambat peluang pendapatan Anda.






2 Comments to Dasar-dasar SEO: 8 Hal Penting saat Mengoptimasi Situs Anda

  1. pos resep says:

    kalo untuk backlink gimana pak ?

    • UpToPromo says:

      Untuk backlink sendiri termasuk optimasi dari sisi offpage, akan lebih optimal jika ketika melakukan optimasi dengan backlink juga melakukan optimasi dari sisi onpagenya juga.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *