3 Media Sosial yang Cocok Untuk Bisnis

Sumber : socialmediaweek.org



3 Media Sosial yang Cocok Untuk Bisnis – Bisnis merupakan hal yang sangat menyenangkan. Apalagi sekarang ini merupakan jaman di mana internet sudah merajalela, sehingga bisnis pun bisa dilakukan melalui media online atau melalui internet. Namun pada artikel ini, internet yang di maksud lebih ke bagian media sosial. Jadi, apa saja sih media sosial yang cocok untuk bisnis?

Tercatat, ada 3 situs populer di dunia menurut Alexa. Ranking pertama di raih oleh Google,
kemudian di susul oleh Facebook di urutannya yang kedua, dan di urutan ketiga di raih oleh YouTube.
Namun pada artikel ini, saya tidak membahas Google, karena tentu kita sudah tau bahwa Google tidak sepenuhnya sebuah media sosial, melainkan sebuah mesin pencari atau search engine. Baiklah, langsung saja kita bahas.

1. Facebook

Tentunya anda sudah tau tentang kepopuleran situs atau media sosial yang bernama Facebook ini. Facebook merupakan sebuah media sosial yang sukses. Facebook ini lahir pada tahun 2004 dan sudah memiliki banyak sekali anggota.
Facebook sendiri didirikan oleh seorang pria yang bernama Mark Zuckerberg. Di Indonesia sendiri, ada lebih dari 41,777,240 pengguna Facebook. Itu baru di negara kita sendiri, belum di negara lain. Indonesia sendiri menduduki peringkat ke dua sebagai pengguna Facebook terbanyak, lalu di urutan pertama ada Amerika Serikat dengan total pengguna sebanyak 157,418,920. Lalu pada urutan ketiga ada negara India yang memiliki 41,399,720 pengguna Facebook.
Dengan total sebanyak itu, tentunya Facebook bisa kita manfaatkan sebagai ladang bisnis untuk melakukan promosi barang dagangan kita. Kita bisa menjual produk kita menggunakan akun Facebook kita. Namun tentu sebelumnya kita harus mendaftar akun Facebook terlebih dulu.
Kemudian yang perlu kita lakukan adalah mencari teman sebanyak-banyaknya, lalu mulailah promosi dengan menggunakan fitur “update status”. Namun menurut saya hal ini kurang efektif, karena ditakutkan nantinya promosi yang sudah kita lakukan tidak memiliki target ke para calon konsumen yang tepat.
Jadi misalkan anda memiliki produk batik dan ingin menjualnya di Facebook, dan ternyata teman-teman yang ada di Facebook anda mayoraitas menyukai baju distro yang mewah dan terlihat keren dan gemerlap, tentunya produk batik anda tersebut kemungkinan besar tidak akan laku.
Maka dari itu di perlukan strategi marketing. Bagaimana caranya? Mudah saja, carilah teman Facebook yang sekiranya memiliki kesukaan terhadap jenis produk anda. Atau anda bisa bergabung di berbagai group Facebook yang memiliki topik atau tema yang sesuai dengan produk yang anda jual. Atau anda juga bisa membuat fanpage dan mengiklankan fanpage tersebut di Facebook itu sendiri. Mudah bukan?

Baca Juga : Belajar Internet Marketing

2. YouTube

YouTube merupakan media sosial khusus untuk membagikan video. Dengan kata lain, di YouTube ini anda sebagai pengguna bila ingin menggunakan YouTube, maka anda harus upload video anda agar video anda dilihat oleh banyak orang.
Ada sumber yang mengatakan bahwa pada tahun bulan Maret tahun 2013 yang lalu, pengguna YouTube sudah mencapai lebih dari 1 miliar pengguna.
Dengan total pengguna tersebut, tentunya YouTube sangat cocok untuk di jadikan sebagai media promosi untuk produk kita.
Namun ada perbedaan antara YouTube dengan Facebook. Di mana di Facebook, kita bisa membagikan video, gambar, dan juga teks. Namun di YouTube lebih cenderung ke video. Saya sangat menyarankan menggunakan media sosial ini untuk melakukan promosi produk kamu, karena tentunya akan meningkatkan kepopuleran produk anda.
Kenapa? Bukannya pengguna YouTube cenderung lebih sedikit di bandingkan Facebook? Memang demikian, namun di YouTube, anda tidak perlu mencari teman, tidak perlu pergi ke group, atau tidak perlu membuat fanpage, anda sudah bisa menjangkau banyak calon pembeli.

Baca Juga : Cara Mendapatkan Subscriber Banyak di YouTube

3. Instagram

Yang terakhir adalah Instagram. Media sosial yang satu ini benar-benar berbeda dengan YouTube dan juga Facebook. Bila YouTube lebih cenderung ke video, untuk Instagram ini lebih cenderung ke foto atau gambar.
Pada bulan 23 September tahun 2015 yang lalu, jumlah pengguna Instagram sudah mencapai 400 juta pengguna.
Hal tersebut memang sudah sewajarnya karena Instagram sendiri konsepnya sangat unik serta sangat menarik, di mana kita bisa berfoto atau melakukan selfie dan langsung mengunggah foto tersebut di Instagram.
Saya juga menyarankan Instagram sebagai tempat untuk melakukan promosi, karena Instagram sendiri sudah sangat populer di kalangan remaja, jadi bagi kamu yang menjual produk “remaja” mungkin akan laku keras (produk remaja itu contohnya seperti tongsis, garskin handphone, dan lain-lain).

Kesimpulan

Di sini bisa saya tarik kesimpulan bahwa, semua media sosial yang ada di dunia ini sangat berpotensi untuk di jadikan sebagai media promosi untuk produk kita, asalkan kita harus pintar dalam memasarkannya, toh rejeki itu sudah ada yang mengaturnya, kita hanya perlu berusaha dan berdoa. Sekian artikel ini saya sampaikan, semoga artikel yang berjudul “3 Media Sosial yang Cocok Untuk Bisnis” ini dapat bermanfaat, dan sampai jumpa.





2 Comments to 3 Media Sosial yang Cocok Untuk Bisnis

  1. clara inge says:

    kalo linkedin gimana mas?

  2. Waduh, saya pribadi belum pernah mencoba Linkedin, jadi maaf saya tidak tau apakah Linkedin berpotensi atau tidak.