Cara Membeli Game Original

Cara Membeli Game Original
Cara Membeli Game Original



Cara Membeli Game Original – Game merupakan sebuah hal yang tentunya sudah sangat tidak asing lagi bagi para penduduk di Indonesia saat ini. Game yang sudah diproduksi saat ini sudah banyak sekali, mulai dari game 2D atau dua dimensi, sampai dengan 3D atau tiga dimensi. Game yang sekarang ini saya sukai adalah Assassin’s Creed. Nah bagi kalian yang ingin mencari game original, namun dengan harga yang murah, ada kok.

Namun perlu diingat bahwa, para penjual game original ini tidak menjual game dalam bentuk CD atau dalam bentuk fisik, melainkan dalam bentuk digital. Oke langsung saja kita bahas ya kawan.

Cara Membeli Game Original Murah

Oke, di sini saya akan memperkenalkan sebuah distributor game terkenal yang bernama Steam. Steam merupakan sebuah distributor game digital di bawah naungan Valve. Saya sangat setuju dengan adanya Steam ini, karena dengan adanya Steam, maka para pembajak game atau pun pengguna game bajakan akan menjadi minim karena harga game di Steam terbilang murah.

Kenapa murah? Itulah yang pasti kamu tanyakan, bila kamu tengok di toko-toko online atau toko-toko fisik, harga game pasti lumayan tinggi, kenapa di Steam ini harganya murah? Alasan utamanya adalah karena game di Steam tidak “dikemas”. Maksudnya? Maksudnya, seperti yang saya tulis diatas bahwa setelah kamu membeli game, kamu tidak akan menerima game yang kamu beli tersebut dalam bentuk fisik atau dalam bentuk CD, melainkan dalam bentuk digital, sehingga kamu harus download game yang kamu beli tersebut terlebih dulu agar bisa dimainkan.

Nah dengan keadaan seperti itu, tentunya para developer game tidak usah membuat berbagai macam design cover CD atau memproduksi atau membeli ribuan kepingan CD untuk game yang laku di Steam bukan? Lah wong mereka tinggal kontak si Steam, kemudian terjalin kontrak, terus udah deh, si developer gak ada biaya tambahan untuk beli berabgai perlengkapan untuk packing game yang kamu beli, sehingga pengeluaran si developer semakin sedikit, sehingga harga game yang mereka tawarkan pun terbilang murah, begitu.

1. Buat Akun Steam

Hal pertama yang harus kamu lakukan adalah tentunya membuat akun Steam agar nantinya kamu bisa membeli game-game di Steam. Caranya? Perhatikan gambar dibawah ini ya.
Pada halaman utama Steam, klik menu login pada bagian atas-kanan
Setelah itu klik “Join Steam”
Isikan data-data yang di perlukan atau yang di minta oleh pihak Steam
Dan satu lagi, di sini saya tekankan anda harus berumur 13 tahun atau keatas. Karena sudah ada peraturannya seperti itu di Steam.

2. Download Steam

Oke selanjutnya yang perlu kamu lakukan adalah download Steamnya. Steam ini digunakan untuk melihat status, melihat game yang kamu punya, digunakan untuk bermain game, dan lain-lain sebagainya. Silahkan kamu download Steam di tautan atau link berikut ini : https://steamcdn-a.akamaihd.net/client/installer/SteamSetup.exe

3. Membeli Steam Wallet

Step selanjutnya yang kamu perlukan adalah dengan membeli Steam Wallet. Hal ini sangat di perlukan karena media pembayaran di Steam ada dua, yaitu melalui Steam Wallet, dan melalui kartu kredit. Nah karena mayoritas masyarakat di Indonesia saat ini jarang ada yang memiliki kartu kredit, maka tentunya banyak masyarakat Indonesia yang membeli game di Steam menggunakan media pembayaran Steam Wallet.
Toh menurut saya menggunakan media pembayaran Steam Wallet sudah cukup aman serta juga cukup mudah. Oke, penjual Steam Wallet itu banyak kok yang terpercaya dan juga yang aman, apa saja sih?

a. Beli Steam Wallet di UniPin

Oke, pertama saya akan jelaskan bagaimana caranya membeli Steam Wallet di UniPin. Sebenarnya saya pribadi juga tidak ada pengalaman membeli voucher Steam Wallet di UniPin ini, namun untungnya ada salah satu website yang bagus yang menjelaskan tentang caranya membeli voucher Steam Wallet di UniPin, nama website tersebut adalah Tech in Asia Indonesia. Nah karena saya tidak ada pengalaman sama sekali di UniPin, jadi saya sarankan untuk anda membaca artikel tutorial pembelian Steam Wallet di UniPin di websitenya Tech in Asia Indonesia, silahkan klik pada tautan berikut: https://id.techinasia.com/cara-mengisi-steam-wallet-menggunakan-unipin

b. Beli Steam Wallet di Codashop

Oke yang selanjutnya saya akan membahas bagaimana cara membeli Steam Wallet di Codashop. Caranya cukup mudah sebenarnya. Nah sebelumnya saya sudah membuatkan anda sebuah video tentang bagaimana caranya membeli Steam Wallet di Codashop.

4. Redeem Kode Steam Wallet Kamu

Oke selanjutnya yang perlu kamu lakukan adalah me-redeem kode Steam Wallet kamu. Kode Steam Wallet itu akan kamu dapat dari si penjual voucher Steam Wallet, jadi tenang aja. Oke, silahkan simak gambar di bawah ini ya.

Klik tanda panah ke bawah pada nama akun Steam kamu lalu klik “Account Details
Setelah itu klik “+Add funds to your Steam Wallet”
Lalu klik “Redeem a Steam Wallet Code
Lalu tulis atau copas kode Steam Wallet yang kamu punya

Oke, disini saya asumsikan kamu sudah mengisi Steam Wallet kamu (Kalau masih belum bisa dan bingung, silahkan tanya lewat kolom komentar atau kirim pesan ke facebook saya.

5. Beli Game

Oke sekarang saatnya kita berburu game yang ingin anda beli. Pertama, tentunya anda pilih dulu game yang ingin Anda beli. Setelah itu klik “Add to cart”, kemudian klik “Purchase for my self”. Kemudian klik Continue. (Bila kamu kebingungan pada bagian ini, silahkan bertanya di kolom komentar, atau kirim saya pesan di Facebook).

6. Download Game yang Kamu Beli

Oke, setelah kamu sudah membeli game yang kamu inginkan, selanjutnya kamu hanya perlu download game tersebut. Caranya mudah kok, silahkan perhatikan gambar-gambar di bawah ini yah.
Arahkan mouse cursor ke menu Library, kemudian sub-klik “GAMES”
Kemudian silahkan kamu klik “INSTALL”, maka otomatis game akan didownload
Nah setelah game didownload, maka game akan otomatis muncul pada bagian Dekstop. Jika ingin memainkan game, silahkan langsung saja klik icon game yang berada pada Dekstop kamu. Dan selamat, kamu sudah memainkan game original. Semoga dengan adanya tutorial ini, kita terhindar dari program bajakan atau konten-konten bajakan ya.

Tips Membeli Game di Steam

Oke di sini saya kasih bonus, hehe. Jadi, saya ada tips nih beli game di Steam, apa aja?
  1. Beli game saat ada diskon besar-besaran.
  2. Beli game bukan hanya untuk dimainkan saja, namun usahakan agar game tersebut bisa menghasilkan (Mudah kok, kamu bisa review game tersebut di blog pribadi kamu, atau kamu rekam gamenya saat kamu sedang bermain game tersebut dan masukkan ke YouTube).
  3. Pilih game dengan review yang positive. Bukannya saya rasis atau gimana, kamu sebenarnya boleh atau sah-sah saja sih kalau memainkan game yang rating atau reviewnya negatif, namun menurut saya kalau yang negatif pasti ada beberapa kendala, mungkin banyak bug, dan lain-lain.
  4. Jangan memaksakan untuk membeli game. Jadi, bila kamu tidak ada uang, kemudian kamu ingin membeli sebuah game, lebih baik tunda dulu niatan kamu tersebut, karena bila di paksakan, nanti ujung-ujungnya kamu menyesal (pengalaman pribadi, hehe).
  5. Pilih game yang bisa dimainkan online seperti CS:GO atau yang lain. Kenapa? Karena pertama, game tersebut bisa awet alias bisa dimainkan kapan saja, ditambah banyak updatenya. Namun kamu boleh kok memainkan game yang ada storynya. Saya pribadi juga begitu.

Penutub

Oke sekian artikel ini, jangan lupa untuk bagikan ke teman-teman kamu. Sekarang bukan jamanya main game bajakan, yuk tobat game bajakan dan pakai yang original, hehe. Memang sulit untuk meninggalkan kebiasaan memakai program bajakan, saya juga seperti itu dulu, namun cobalah pikir ulang, bila kita membeli atau menggunakan sebuah program atau game yang original, maka tentunya kita mendapatkan kepuasan tertentu, dibandingkan membeli atau download game bajakan, kita download > gak puas sama gamenya > uninstall > rugi kuota + waktu.
Sekian artikel ini saya sampaikan, dan terima kasih. Assalamualaikum Wr Wb.





Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *