Kenakalan Remaja Berawal Dari Sini

Kenakalan Remaja Berawal Dari Sini
Kenakalan Remaja Berawal Dari Sini

Sumber Gambar: ekazai.wordpress.com

Assalamualaikum Wr Wb. Kenakalan remaja merupakan hal yang sangat wajar di zaman sekarang ini. Dan pada artikel kali ini, saya akan membahas tentang kenakalan remaja. Kenakalan remaja tentunya sudah sangat menjamur sekali di kalangan remaja zaman kekinian ini. Saya pribadi sering geleng-geleng kepala ketika ada teman saya yang melakukan kenakalan remaja, namun terkadang saya juga sering melakukan kenakalan remaja, namun tentunya saya berusaha untuk menghilangkan sifat kenakalan remaja yang ada di tubuh saya ini.

Sebelum saya memulai artikel ini, mungkin saya sarankan Kamu juga membaca artikel yang berkaitan dengan ini, yaitu Kenakalan Remaja. Di artikel tersebut saya juga mengulas tentang kenakalan remaja, namun mungkin di artikel ini lebih luas. Dan juga sebelum saya memulai artikel ini, perlu diingat kembali bahwa isi dari artikel ini merupakan opini atau pendapat saya pribadi, jadi Kamu bisa menghiraukan pendapat saya ini.

Oke saya lanjut. Sekarang saya ingin tanya, apa menurut Kamu kenakalan remaja itu?(silahkan bisa tulis pada bagian komentar). Menurut saya, kenakalan remaja merupakan sebuah sifat yang di miliki oleh para remaja yang membuat dirinya melakukan hal yang sia-sia atau bahkan membahayakan si remaja itu sendiri atau orang lain.

Lalu, Sebenarnya Dari Mana Kenakalan Remaja Itu?

Menurut saya pribadi, kenakalan remaja bisa terjadi di beberapa hal, yaitu lingkungandidikan keluarga, dan trauma pada masa kecil, serta yang terpenting adalah kurangnya mengingat dan takut kepada Allah SWT.

1. Lingkungan

Yang pertama yang akan kita bahas pada bagian ini adalah bagian lingkungan. Pada bagian lingkungan, biasanya orang terutama remaja dengan mudahnya meniru keadaan di sekitar lingkungan yang dia tempati. Ini terjadi pada diri saya sendiri. Dulu kita terlahir dengan watak yang polos bukan? Namun apa yang terjadi bila kita sudah masuk ke jenjang sekolah? Tentu kita akan menemui banyak juga anak-anak yang memiliki sifat nan kepribadian yang berbeda-beda bukan? Misalnya watak dari anak-anak tersebut buruk, dan kita di tempatkan di lingkungan seperti itu, maka apa yang terjadi? Besar kemungkinan juga kita akan memiliki watak yang buruk.

Namun mencari lingkungan yang “pas” dan nyaman di jaman sekarang susah-susah gampang. Jadi ya begitu, kita harus jelih-jelih dalam bergaul, membuang hal-hal yang negatif, dan menerima hal-hal yang positif dari teman-teman kita.

2. Didikan Keluarga

Selanjutnya yang bisa membuat terjadinya kenakalan remaja adalah adanya didikan keluarga yang kurang mantap. Saya pribadi pernah melihat ada anak yang dididik oleh orang tuanya yang menurut saya salah. Setiap kali si anak tersebut melakukan kesalahan, si orang tua langsung memarahinya dengan keras bahkan sampai memukulnya(namun semoga saja alasan kenapa si orang tua tersebut memukul anaknya tersebut ada alasan yang kuat dan juga logis).

Mendidik anak juga hal yang penting. Bila kita mendidik anak dengan yang lembut-lembut serta juga di beri “bumbu” tegas, serta juga yang utama kita didik menurut syariat Islam, InsyaAllah si anak menjadi orang yang memiliki kepribadian baik di masa depan.

Dan juga hindari si anak dari tontonan TV yang buruk. Sekarang ada beberapa sinetron yang menurut saya tidak baik untuk anak. Banyak juga sinetron jaman sekarang yang menampilkan pacar-pacaran, kekerasan, dan lain sebagainya. Saran saya sih berilah si anak tontonan yang bagus. Kalau bila perlu dan mampu, beli lah DVD interaktif anak untuk ditonton oleh si anak.

3. Trauma Pada Saat Masih Kecil

Yang ketiga adalah karena si remaja pernah mengalami trauma pada saat dia masih kecil. Trauma sejak kecil ini merupakan hal yang serius loh, bila si remaja dulunya memiliki mental yang tidak kuat, tentu di takutkan saat dia mendapatkan trauma tersebut, dia jadi “gak karuan”, sehingga trauma tersebut berkembang menjadi kenakalan remaja. Mungkin bagi kamu aneh, tapi ya begini.

Sekarang ini sedang tren LGBT(Lesbian, Gay, Bisexual, Transgender) yang menurut saya bikin geleng-geleng kepala. Lah bagaimana tidak, Allah SWT menciptakan Adam dengan Hawa, artinya kita terlahir sebagai lelaki, ya tentu sudah kodrat kita mencintai wanita. Begitu pula sebaliknya.

Menurut saya, LGBT ini juga efek dari trauma masa kecil. Saya pernah baca juga bahwa orang yang mengidap penyakit hati dan pikiran yang satu ini, biasanya terjadi karena dulunya si pelaku LGBT ini sering mendapat pelecehan seksual, broken home, dan lain sebagainya. Jadi tentu ada peranan orang tua yang wajib di sini agar si anak mendapatkan masa kecil yang bahagia, bukan masa kecil yang isinya trauma doang.

4. Kurangnya Mengingat dan Takut Kepada Allah SWT

Jika poin ke-3 merupakan poin yang serius, maka poin yang ke-4 ini lebih serius. Di bagian ini saya akan sedikit menceritakan pengalaman di lingkungan saya. Oke jadi begini, saya memiliki seorang teman, dia bisa di kategorikan sebagai manusia yang kekinian, namun sayangnya sekarang dia sudah jarang melakukan Sholat. Terkadang saya mengajak dia melakukan Sholat, tapi dia biasanya menjawab,”Ya, nanti”, namun pada kenyataannya tidak ada action sama sekali.

Namun kenakalan remaja yang dia lakukan tidak terlalu parah. Tapi bila dia jarang Sholat, jarang mengingat Allah SWT, dan tidak takut kepada azab Allah SWT, nanti yang di takutkan kenakalan remaja yang dia lakukan semakin parah.

Jadi di sini peranan orang tua juga perlu, yaitu untuk membimbing si anak untuk ke jalan Allah SWT. Atau mungkin bila Allah SWT berkehendak, Allah SWT akan memberikan hidayah kepada si remaja tersebut.

Lalu, Bagaimana Cara Menghilangkan Sifat Ini?

Pada bagian ini saya juga akan memberi opini atau pendapat saya tentang bagaimana cara menghilangkan sifat kenakalan remaja ini. Yaitu di antaranya adalah:

1. Bergaul Dengan Remaja yang Sifatnya Baik

Bergaul bersama orang-orang yang baik tentu akan membuat kita juga ketularan menjadi baik. Ini ada kaitannya lingkungan. Mencari remaja yang baik di jaman sekarang ini memang agak susah, tapi saya yakin sesusah-susahnya mencari anak remaja yang baik, pasti ada satu atau dua atau mungkin lebih.

2. Belajar Untuk Tidak “Kekinian”

Apa saja hal yang membuat kita menjadi “kekinian”? Menurut saya ada beberapa hal yang membuat kita menjadi “kekinian”, di antaranya adalah:

  1. Sering pulang malam. Padahal Abi Barzah pernah meriwayatkan, bahwa sebisa mungkin kita harus membiasakan tidur secepatnya alias tidak sering begadang, kecuali ada hal yang penting.
  2. Ikhlaskan pacar kamu(putus pacar kamu segera mungkin dengan cara yang halus dan sebisa mungkin agar tidak membuat hatinya sakit).
  3. Batasi bergaul dengan remaja yang memiliki sifat yang tidak baik. Tentunya di sini saya asumsikan kamu sudah bisa membedakan antara yang baik dengan benar, jadi mungkin kamu bisa membedakan mana teman yang baik dan mana teman yang buruk.
  4. Belajar untuk mengingat Allah SWT dan takut kepada-Nya. Hal ini di lakukan tentu agar sisa waktu yang kamu punya di gunakan untuk hal yang bermanfaat, salah satunya dengan mengingat Allah SWT, yaitu sering Sholat di masjid, dzikir, dan lain-lainnya.

3. Bertaqwa Kepada Allah SWT

Yang ke-3 tentunya kita wajib bertaqwa kepada Allah SWT atau kepada Tuhan Yang Maha Esa. Hal ini dilakukan agar kita selalu ingat kepada Allah SWT, serta kita harus memperdalam ilmu Islam agar nantinya kita bisa dengan jelih membedakan mana yang bagus atau mana yang baik, serta bisa juga membedakan mana yang jelek atau yang buruk.

Mulailah dengan bergaul dengan orang-orang yang baik. Kemudian belajarlah serta niatkan lah untuk memperdalam ilmu Islam, kemudian cobalah untuk dzikir agar kita selalu ingat kepada Allah SWT, lalu jangan lupa juga kita harus rajin membaca Al-Qur’an dan melaksanakan hadist-hadist Nabi Muhammad SAW agar kita mendapat syafaat di Yaumul Akhir.

Kesimpulan

Semua orang di dunia ini memang tidak ada yang sempurna, saya juga tidak sempurna. Saya terkadang juga terhasut oleh setan yang terkutuk untuk melakukan dosa, dan tentu saya sering terjebak di rayuan makhluk tersebut. Namun tentu kita harus lebih giat serta berjuang untuk melawan hawa nafsu dan godaan setan yang terkutuk tersebut.

Dan pada dasarnya kenakalan remaja juga kebanyakan menempel pada sebagian besar remaja jaman sekarang. Jujur, saya dulu juga sering melakukan kenakalan remaja.

Penutup

Baiklah, terima kasih kamu sudah membaca artikel ini, semoga artikel ini dapat membantu dan bermanfaat untuk Kamu, terutama untuk saya sendiri. Wassalamualaikum Wr Wb.

Referensi:
Adab Nabi Sebelum Tidur
Doa Agar Tidak Terjerumus dalam Zina
Fenomena Kenakalan Remaja



« (Previous News)



Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *