Program Java Menghubungkan SQL Server dan Netbeans

Hallo sobat teknolog di artikel pertama mimin akan memberikan sedikit pembelajaran mata kuliah Sistem Basis Data dengan materi – Program Java Menghubungkan SQL Server dan Netbeans. baiklah sebelum nya kita mengenal sedikit tentang java.

Java adalah bahasa pemrograman yang dapat dijalankan di berbagai komputer termasuk telepon genggam. Bahasa ini awalnya dibuat oleh James Gosling saat masih bergabung di Sun Microsystems saat ini merupakan bagian dari Oracle dan dirilis tahun 1995. Bahasa ini banyak mengadopsi sintaksis yang terdapat pada C dan C++ namun dengan sintaksis model objek yang lebih sederhana serta dukungan rutin-rutin aras bawah yang minimal. Aplikasi-aplikasi berbasis java umumnya dikompilasi ke dalam p-code (bytecode) dan dapat dijalankan pada berbagai Mesin Virtual Java (JVM). Java merupakan bahasa pemrograman yang bersifat umum/non-spesifik (general purpose), dan secara khusus didisain untuk memanfaatkan dependensi implementasi seminimal mungkin. Karena fungsionalitasnya yang memungkinkan aplikasi java mampu berjalan di beberapa platform sistem operasi yang berbeda, java dikenal pula dengan slogannya, “Tulis sekali, jalankan di mana pun“. Saat ini java merupakan bahasa pemrograman yang paling populer digunakan, dan secara luas dimanfaatkan dalam pengembangan berbagai jenis perangkat lunak aplikasi ataupun aplikasi berbasis web.

1.Desain Database di Microsoft SQL Server 2008 Buka aplikasi SQL Server Management Studio Express baik dari desktop atau menu klik kanan pada Sql >> Run Administator.

1

Connectkan database di Sql Servernya dengan mengklik Connect

2

Buat database baru dengan cara klik kanan pada Database , pilih New Database…

3

Beri nama databse contohnya cfd_java , kemudian klik OK untuk membuat database.

4

Setelah database terbuat, silahkan lihat daftar database pada Object Explorer , kemudian expand database cfd_java , klik kanan pada Table dan pilih New table…

5

Isi Column Name dengan atribut tabel , Data type sesui dengan tipe data yang di masukan pada atribut tabel . Beri ceklis pada atribut yang memperbolehkan bernilai null.

6

Simpan tabel dengan tekan CTRL+S. Simpan dengan nama table 1

Ubah nama tabel pada text field dan klik OK untuk menyimpan tabel dengan nama penghasilan.

7

untuk materi selanjutnya bisa anda download secara lengkap disini

Semoga bermanfaat 🙂



« (Previous News)
(Next News) »



Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *