Setan Takut Kita, Kok Kita yang Takut

Setan Takut Kita
Setan Takut Kita

Sumber Gambar: dimensilain.com

Assalamualaikum Wr Wb. Kita sering kali pernah merasa takut setan bila melewati suatu tempat tertentu. Misalnya, ada teman Kamu dan Kamu sendiri saat sedang pulang dari Mall karena mungkin sehabis beli pakaian yang kebetulan waktu itu ada diskon 99,9%, nah, saat Kamu pulang bersama teman Kamu tersebut, kebetulan juga Kamu lewat jalan atau tempat di mana ada rumor bahwa tempat tersebut banyak penghuninya, dan Kamu bersama teman Kamu tersebut bahkan mengatakan,”Permisi mbah, numpang lewat”, mungkin itu yang Kamu katakan karena sangking takutnya kepada tempat tersebut.

Hal tersebut biasanya dilakukan oleh Kamu ketika Kamu ingin merasa selamat saat melewati suatu tempat yang memiliki rumor angker, ada banyak setannya, dan lain sebagainya. Padahal, menurut Saya, hal tersebut benar-benar memalukan. Ya tentu memalukan, karena pada dasarnya, setan dan sebangsa jin itu sebenarnya adalah makhluk yang takut kepada kita, manusia. Bahkan, kita ini lebih mulia ketimbang malaikat. Ini terbukti dengan ahli Tafsir Ibnu Katsir rahimahullah,

وقد استدل بهذه الآية على أفضلية جنس البشر على جنس الملائكة

“Ayat ini menjadi dalil bahwa jenis manuisa lebih utama dari jenis malaikat.”.

Lalu, Bagaimana Caranya Agar Setan Terkutuk Takut Dengan Kita?

Caranya cukup mudah, gratis, dan simpel, apa itu? Yaitu bertaqwa kepada Allah SWT. Dengan bertaqwa kepada Allah SWT dan menjalankan semua yang diperintahkan oleh Allah SWT dan menjauhi semua larangannya, tentunya membuat kita kebal terhadap para setan yang terkutuk.

Kamu bisa memulai dengan berdzikir setiap saat, yaitu menyebut nama Allah SWT yang mulia, dirikan sholat 5 waktu di Masjid secara berjama’ah bila Kamu seorang pria(karena bagi seorang pria, sholat 5 waktu berjamaah di Masjid adalah suatu kewajiban), kemudian juga jalankan sunnah Rasul seperti sholat Tahajud, sholat Duha, dan yang lain-lain.

Bila lewat di tempat yang banyak isu angker, atau apalah, jangan takut, lewat saja gak papa, malah kalau bisa, kamu menoleh ke tempat tersebut, kuatkan iman serta keberanianmu untuk melawan setan, maka tentu setan akan takut dengan kita.

Takuti Setan, Jangan Setan yang Takuti Kita

Saat ini saya juga sedang dalam tahap untuk tidak takut kepada setan, namun memang itulah manusia, kita harus jangan takut sama setan, dzat yang patut kita takuti adalah Allah SWT semata. Tidak ada yang lebih hebat dari Allah SWT.

Rasululla Shallallahu ‘alaihi wa sallam pernah bersabda kepada sahabatnya yang bernama Umar bin Al Khaththab,

إِنِّي نَألَظُرُ إِلَى شَيَاطِينِ الْجِنِّ وَالْإِنْسِ قَدْ فَرُّوا مِنْ عُمَرَ. قَالَتْ: فَرَجَعْتُ

“Sungguh, aku benar-benar melihat setan dari kalangan jin dan manusia lari dari Umar.”, Kamu tentunya sudah tau bukan siapa itu Umar bin Khaththab? Dia merupakan seorang shabat nabi yang dekat dengan Nabi Muhammad. Umar bin Khaththab ini merupakan seorang pemimpin yang sangat hebat dan juga tegas, serta adil. Selain itu, Umar bin Khaththab juga memiliki sifat yang pemberani, bahkan dia menantang kaum Kafir Quraisy ketika Umar bin Khaththab akan hijrah ke Madinah.  “Siapa yang ingin istrinya menjadi janda, anaknya menjadi yatim maka halangilah saya untuk hijrah”, kira-kira seperti itu yang dikatakan oleh Umar bin Khaththab.

Bahkan, Umar bin Khaththab ini sangking pemberaninya, setan takut dengan beliau.

Kemudian Nabi Muhammad SAW juga bersabda,

والـذي نفسي بيده ما لقيك الشيطان سالكا فجّا إلا سلك فجا غير فجك

“Demi yang jiwaku di tangan-Nya, tidaklah setan menjumpaimu ketika menempuh satu jalan, kecuali pasti mengambil jalan lain yang tidak engkau lalui.”

Kesimpulan

Setan adalah makhluk yang sombong, yang takabur, dan penuh dengan dosa, bahkan setan sendiri di usir dari Surga karena durhaka kepada Allah SWT ketika si setan tidak mau sujud kepada Nabi Adam, padahal Allah SWT menyuruhnya untuk tunduk, namun malah setan ini menyombongkan dirinya di depan Allah SWT. Mari kita tengok lebih dalam, setan terbuat dari api, sedangkan Nabi Adam as terbuat dari tanah liat. Pada waktu itu, setan menganggap api lebih unggul dari pada tanah liat, namun bila kita pikir kembali, bukannya tanah liat yang lebih unggul? Sekarang coba kita lihat para tukang bata, ketika tukang bata membakar tanah liat, apa yang terjadi pada tanah liat tersebut? Si tanah liat tersebut akan semakin mengeras dan juga semakin kuat.

Namun hal ini jangan membuat kita menjadi sombong, karena sesungguhnya sombong adalah sifat setan. Bisa di tarik kesimpulan di sini, bahwa intinya, kita jangan pernah takut sama setan, karena derajat kita sebagai manusia lebih tinggi dari pada setan yang terkutuk. Bila kamu takut kepada setan, maka setan akan semakin menakut-nakuti Kamu. Namun bila Kamu yang menakut-nakuti setan agar setan itu tidak menganggu Kamu, maka setan akan lari terbirit-birit.

Selalu berdoalah kepada Allah SWT dan takut kepada-Nya, karena Allah SWT merupakan dzat yang wajib kita takuti, karena Allah SWT adalah Tuhan kita, sang maha perkasa.

Oke, cukup sekian artikel ini saya sampaikan, semoga ilmu-ilmu yang ada di dalam artikel ini bisa kita membuat kita semakin bertaqwa kepada Allah SWT, amin ya robb.

Referensi:
Setan Aslinya Takut Sama Manusia
Ada Apa Dengan Syaitan Ketika Melihat Umar bin Khaththab?
Takut, Menangis, dan Tertawanya Jin
Enam Sifat Umar bin Khaththab






Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *