Cara Mengubah Rasa Takut Jadi Peluang Bisinis Cemerlang

Cara Mengubah Rasa Takut Jadi Peluang Bisinis Cemerlang – Mulai menjajaki dunia bisnis yang super menantang dan ketat akan persaingan yang kian mencengkeram membuat pemula bisnis sering berpikir berulang kali untuk mulai menapakkan kakinya di dunia entrepreneur. Rasa takut, khawatir, dan ragu akan bisnis yang ingin dimulainyapun terlintas dibenak para pemula bisnis yang seharusnya benar-benar dapat ditepis. Karena kekhawatiran dan keraguan memulai bisnis akan menjadi salah satu kunci yang bisa menjadi penghambat keberlangsungan sebuah bisnis.

Biasanya rasa takut, khawatir, dan ragu ini didasari karena kekurangan pemula bisnis yang notabene cenderung masih belum memahami lika-liku dunia bisnis. Kurangnya pengalaman bisnis, minimnya pengetahuan tentang konsumen pasar, modal yang sedikit bahkan tak memadai, kurangnya alat produksi, keterbatasan bahan baku produksi hingga prospek dan reputasi perusahaan dimasa depan pun pastinya sudah menjadi hal mutlak yang menjadi momok yang nyata bagi para entrepreneur muda.

Jika ketakutan ini dibiarkan dan dipelihara dalam benak, maka tak hayal ketakutan ini akan menjadi beban berat yang selalu menahan, menahan, dan membungkam untuk berhenti, diam, membisu dan tak bisa berbuat apa-apa untuk masa depan bisnis yang menjadi impiannya. Alhasil pemula bisnis akan cenderung terbuai, terfokus pada sugesti takutnya sehingga lupa untuk mulai mengambil keputusan melakukan tindakan membuka bisnis yang impiannya.

cara mengubah rasa takut

Cara Mengubah Rasa Takut Jadi Peluang Bisinis Cemerlang

Untuk mensiasati agar rasa takut ini tidak menjadi molotov yang siap meremukkan anda, seperti pada Cara Mengubah Rasa Takut Jadi Peluang Bisinis Cemerlang yang akan kita bahas kali ini, anda harus mampu mengelola dan memanfaatkan rasa takut ini dengan benar.

1. Sadari rasa takut anda

Anda harus mengidentifikasi dan menyadari segala sesuatu yang membuat anda merasa takut. Apakah anda takut ketika mempresentasikan proyek anda di depan klien, atau takut bersaing dengan pengusaha lain. Anda harus meyadari hal-hal yang membuat anda merasa takut. Dengan menyadari rasa takut anda, anda akan tahu apa yang menjadi titik kelemahan utama yang ada pada diri anda.

2. Hadapi rasa takut

Ketika anda telah menyadari dan menemukan segala sesuatu yang menyugesti perasaan anda menjadi takut, yang harus anda lakukan selanjutnya ialah menghadapinya. Misalnya anda takut melawan pesaing-pesaing lain yang memiliki bidang bisnis yang sama dengan anda itu berarti sudah saatnya anda untuk bergerak. Jangan hanya duduk diam di tempat. Cari solusinya, temukan ide yang bisa membuat produk anda berinovasi dan beda dengan produk lain bisa dari penampilan, kualitas hingga cara menjual. Temukan sesuatu yang benar-benar berbeda sehingga pangsa pasar pun akan dengan fleksibel memilih produk anda daripada yang lain.

3. Rasa takut hilang jika dilakukan dengan tindakan

Pembasmi terampuh dan utama dari rasa takut dan ragu ialah dengan melakukan tindakan. Namun kebanyakan orang tidak menyadari hal ini. Ketika ada rasa takut akan suatu hal kebanyakan orang malah menghindari hal tersebut. Dan oleh karena itu cara mengubah rasa takut adalah dengan action dari sekarang  yaitu dengan melawan rasa takut itu sendiri hingga anda bisa terbiasa dan rasa takut tadi akan menjadi kebiasaan atau bahkan suatu tantangan yang harus di lewati.

4. Fokus pada yang penting

Dengan membiarkan rasa dan sugesti takut menguasai pikiran dan tubuh anda, anda akan lalai bahwa ada hal yang sangat penting telah anda lupakan. Hal itu adalah fokus pada apa yang menjadi kekuatan anda. Jika terus menerus merasa takut anda akan lupa untuk mengembangkan bakat dan potensi anda. Hentikan rasa takut anda dan mulailah menfokuskan bakat dan kekuatan anda buatlah anda mahir disana. Kembangkan bisnis anda dengan kemahiran anda itu demi kesuksesan anda.

5. Ubah rasa takut menjadi sejuta peluang cemerlang

Dari yang tadinya anda tidak mengenal dunia bisnis tersebut karena anda takut dengan persaingannya yang begitu ketat dan dinamis, ketika rasa takut anda itu muncul anda harus segera mengambil tindakan. Jangan dibiarkan menguasai anda tetapi cobalah melawan dengan melakukanya. Dengan melakukannya, didalam benak anda akan terlahir rasa keingintahuan terhadap sesuatu yang anda takuti itu. Maka anda akan mencoba untuk turun ke zona rasa takut anda itu. Di perjalanan anda mungkin menemukan peluang-peluang, ide-ide bisnis baru yang sebelumnya atau bahkan tak terpikirkan oleh anda.

Dan itulah sekilas kupasan mengenai Cara Mengubah Rasa Takut Jadi Peluang Bisinis Cemerlang ini dan harapan kami semoga informasi singkat ini dapat bermanfaat, menginspirasi anda dan dapat menambah serum penyemangat anda dalam menjelajahi dunia bisnis.

“Keep moving dan Salam Sukses”






Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *